Test drive Esemka dijalani kucing-kucingan

Senin, 23 Januari 2012 - 15:51 WIB
Test drive Esemka dijalani kucing-kucingan
Test drive Esemka dijalani kucing-kucingan
A A A
Sindonews.com - Test drive mobil Esemka di jalur lintas provinsi benar-benar dilakukan Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi). Supaya lebih berkonsentrasi dalam kegiatan itu, test drive berlangsung pada malam hari.

“Terkadang test drive-nya dengan saya, tapi paling sering pak Rudy (wakil wali kota ). Test drive selalu pada malam hari dengan rute Solo-Wonogiri, Solo-Ponorogo, atau bahkan lebih jauh lagi,” kata Jokowi, Senin (23/1/2012).

Dijelaskan dia, test drive pada malam hari dianggap lebih tepat supaya tim berkonsentrasi penuh menjajal ketangguhan mobil Esemka. Jika pada siang hari, kata Jokowi, kegiatan tersebut kemungkinan terganggu dengan lalu lintas atau antusiasme publik.

Test drive mobil Esemka ini sengaja menempuh rute sampai luar kota dengan berbagai medan. Dalam hal ini, tim test drive terdiri dari Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan teknisi. “Saya hanya sekali ikut (test drive luar kota). Yang digunakan mobil SUV Rajawali,” terangnya.

Tujuan mobil Esemka digeber dengan jarak tempuh dan berbagai medan di luar kota untuk menyiapkan produk otomotif itu menjalani uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP), Tangerang.

Dijelaskannya, test drive ‘diam-diam’ yang berlangsung beberapa hari menunjukkan performa prima mobil Esemka. Jokowi menyebut, kondisinya 99 persen layak digeber di jalur perhubungan darat. “Pada malam hari di-test drive, kemudian siangnya diperbaiki. Begitu terus sampai sempurna. Memang belum 100 persen siap, tapi setidaknya sudah 99 persen,” urainya.

Jokowi memperkirakan keberangkatan mobil Esemka menjalani uji emisi pada bulan ini, menyusul kelengkapan administrasi perjalanan mobil ke BTMP yang berlokasi di Tangerang.

Persyarakat administrasi antara lain izin dari Mabes Polri, rekomendasi Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH). Hanya saja, Jokowi belum memutuskan teknis keberangkatan mobil Esemka melalui jalur darat.

“Sudah lengkap administrasinya. Belum diputuskan dinaikkan truk atau dikendarai langsung,” pungkasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7491 seconds (0.1#10.140)
pixels