Syahrul rawan di delapan daerah

Senin, 16 Januari 2012 - 09:55 WIB
Syahrul rawan di delapan daerah
Syahrul rawan di delapan daerah
A A A
Sindonews.com - Peluang Syahrul Yasin Limpo untuk terpilih kembali sebagai gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2013 dinilai belum aman. Meski sejumlah lembaga survei menempatkannya di posisi teratas, namun itu bukan jaminan untuk memuluskan langkahnya menduduki kursi gubernur untuk kedua kalinya.

Syahrul dinilai masih rawan di delapan daerah. Di daerah-daerah itu, peluang untuk kalah masih cukup tinggi. Berdasarkan analisis lembaga survei Insert Institute, delapan daerah rawan itu yakni Kota Makassar, Palopo, Luwu, Luwu Utara,Luwu Timur,Bone, Soppeng, dan Parepare.

Bahkan, pada beberapa daerah lainnya, Syahrul masih memungkinkan diimbangi oleh bakal rivalnya Ilham Arief Sirajuddin. “Delapan daerah ini bakal menjadi pertarungan yang ketat antara Syahrul dan Ilham. Makassar, Bone,dan Luwu Raya itu memungkinkan dimenangkan Ilham, terutama bila berpasangan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar,” jelas Direktur Insert Muhammad Aris kemarin.

Di Makassar yang jumlah pemilihnya paling banyak, Syahrul dipastikan tidak akan menang mudah. Sebab, di ibu kota provinsi ini, Ilham sebagai penantang sudah menanam investasi ke masyarakat selama menjadi wali kota dua periode. Di Makassar, Ilham berpeluang mengungguli Syahrul.

Di Bone, kekuatan Syahrul dan Ilham mulai berimbang. Apalagi, Ilham yang berasal dari daerah itu, makin gencar melakukan penggalangan dukungan, termasuk menggaet tokoh-tokoh berpengaruh.

Kondisi serupa, juga terjadi di Soppeng. Alasannya, Bupati Soppeng Andi Soetomo bukan berasal dari partai politik dan bukan diusung Partai Golkar saat terpilih pada pilkada 2010. Di tambah lagi, Wakil Bupati Aris Muhammadiah sudah terang-terangan mendukung Ilham. Dukungan buat Ilham juga datang dari sejumlah mantan calon bupati dan beberapa tokoh Golkar setempat.

“Khusus di Luwu Raya yang meliputi empat daerah, posisi Syahrul juga rawan, terutama bila Ilham berpasangan dengan Aziz. Apalagi, Syahrul memiliki resistensi tinggi di kawasan ini, terkait pemekaran kabupaten,” papar Aris.

Manajer Strategi Pemenangan Jaringan Suara Indonesia (JSI) Irfan Jaya, juga menyebut beberapa daerah yang sangat memungkinkan terjadi persaingan ketat antara keduanya,
yakni Makassar, Bone, Palopo,Luwu,Luwu Timur,dan Luwu Utara.

“Jika Ilham-Aziz berpasangan, mereka memungkinkan menang di Luwu Raya. Di Makassar, Ilham punya investasi sosial, di Bone punya ikatan emosional. Sedangkan di Luwu Raya adalah basis tradisional Aziz,” terang Irfan, secara terpisah.

Kahfi Puji Syahrul

Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulsel Ashabul Kahfi mengisyaratkan partai yang dipimpinnya kembali akan mencalonkan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Pilgub Sulsel mendatang. Isyarat itu disampaikan Kahfi seusai melantik pengurus DPD PAN Palopo di Gedung SaodenraE Convention Centre, kemarin.

Menurut Kahfi, PAN sebagai partai pelopor reformasi senantiasa memprioritaskan figur yang berjiwa reformis dalam setiap perhelatan pilkada. Begitupun di Pilgub Sulsel, PAN akan mengusung figur reformis. Dikatakan, pada pilgub lalu PAN mencalonkan Syahrul karena menilai sebagai figur reformis yang terlihat pada kepemimpinannya yang selalu membawa perubahan bagi daerah.(*)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8315 seconds (0.1#10.140)