Sumbar daerah rawan gempa

Sabtu, 14 Januari 2012 - 12:36 WIB
Sumbar daerah rawan gempa
Sumbar daerah rawan gempa
A A A
Sindonews.com - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki kelengkapan kesejarahan soal gempa dan tsunami, bahkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sendiri tengah mencari istana Kerajaan Pagaruyung yang asli.

Hal ini disampaikan oleh Tim Khusus Presiden Bidang Sosialisasi dan Bencana Andi Arief bukan menakut-nakuti warga, melainkan untuk siaga, karena daerah ini memang rawan bencana.

Pihaknya tak peduli meski diprotes banyak kalangan, karena terkesan menakut-nakuti warga. "Dari pada jutaan manusia meninggal, karena tidak memberitahu," ujar Andi, dalam acara Workshop Peran Jurnalis dalam Penanggulangan Bencana di Hotel Pangeran Beach, Jalan Juanda, Padang, Sabtu (14/1/2011).

Dia mencontohkan, ratusan ribu nyawa melayang di Jepang akibat pemerintahnya terkesan menutupi prediksi terjadinya gempa, tsunami. Jepang malah gencar terhadap bagaimana kesiapan dalam menghadapi bencana.

"Setelah melakukan pembicaraan dengan pihak LIPI, BNPB, PMBV serta para ahli dibantu para perguruan tinggi, Siberut dan Selat Sunda merupakan prioritas untuk diperhatikan," tukasnya.

Lanjutnya, menurut data sejarah gempanya pada abad 14, 17 dan 18 itu daerah Sumatera Barat itu memang termasuk daerah rawan gempa. Tahun ini saja di prediksi para ahli soal gempa 8,9 SR.

"Dalam setiap pertemuan dengan kabinet presiden sering membicarakan soal prioritas pulau Siberut itu, namun sampai saat ini belum bisa mengeluarkan Keppres," tandasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3222 seconds (0.1#10.140)