Nelayan diimbau waspada angin barat

Jum'at, 13 Januari 2012 - 07:49 WIB
Nelayan diimbau waspada angin barat
Nelayan diimbau waspada angin barat
A A A
Sindonews.com - Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (DPPK) Pemkab Tasikmalaya mengingatkan nelayan di wilayah Tasikmalaya Selatan untuk mewaspadai perubahan cuaca.

Sebab, saat ini angin barat mulai menerjang perairan selatan yang mampu menciptakan gelombang hingga ketinggian 3-4 meter dan dipastikan mampu menghempaskan perahu serta mengancam keselamatan para nelayan. Kepala Bidang Kelautan di DPPK Pemkab Tasikmalaya Rita Setiawati mengatakan, imbauan tersebut sudah disampaikan kepada para nelayan di wilayah selatan Tasikmalaya.

”Kami telah menerima data prakiraan cuaca dari BMKG serta menurut nelayan juga kondisi angin memang sedang kurang bersahabat,kami terusterusan mengingatkan agar berhati-hati,” kata Rita.

Pemerintah daerah sedang berupaya mencari solusi lain yang bisa dijadikan mata pencaharian alternatif bagi nelayan saat cuaca sedang tidak bersahabat, caranya bisa dengan budi daya udang lobster, ikan laut, atau lainnya yang bisa dijadikan alternatif saat cuaca buruk.

Kabupaten Tasikmalaya baru memiliki dua pelabuhan pendaratan ikan (PPI) yakni di Pamayangsari di Desa Cikawungading, Kecamatan Cipatujah, dan Cimanuk, Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong. Ketua Rukun Nelayan Cimanuk Jajang Rahmat mengakui kondisi saat ini angin barat mulai menerjang dan menimbulkan gelombang laut yang sangat tinggi, beberapa nelayan di sana tidak semua bisa melaut hanya beberapa saja yang memiliki keberanian.

”Kami juga mengingatkan nelayan untuk tidak melaut,karena cuaca sedang buruk.Kami di sini menyebut angin barat ini dengan sebutan angin anyuk,” ujar Jajang.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0055 seconds (0.1#10.140)