Siaga bencana, Jabar jamin stok logistik aman

Kamis, 12 Januari 2012 - 07:52 WIB
Siaga bencana, Jabar jamin stok logistik aman
Siaga bencana, Jabar jamin stok logistik aman
A A A
Sindonews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar memastikan kebutuhan logistik mencukupi untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor selama empat bulan, sejak diberlakukannya status siaga bencana pada 3 Januari hingga 3 Mei 2012.

Kepala BPBD Jabar Udjwalaprana Sigit mengatakan, semua kebutuhan logistik sampai penganggaran sudah disiapkan untuk menanggulangi masalah banjir dan longsor. “Masyarakat tidak perlu khawatir soal anggaran,” tegas Sigit kepada wartawan di sela Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana, di kantornya, Jalan Soekarno-Hata Bandung, kemarin.

BPBD juga sudah mempersiapkan peralatan untuk keperluan penanggulangan bencana ini, mulai dari tingkat provinsi hingga daerah. Bantuan juga diberikan dari TNI,Polri, PMI, serta OPD di tingkat pemerintahan.

Kebutuhan operasional penanggulangan bencana selama pemberlakuan status siaga ini juga ditunjang dana siap pakai dari APBD Jabar sebesar Rp15 miliar. “Misalnya perahu karet, jangan sampai ketika dipakai ternyata bocor. Kita tidak mau persoalan-persoalan seperti ini terjadi,” katanya.

Perhatian pemerintah terhadap banjir, puting beliung, dan longsor ini lantaran Jabar memiliki 40 sungai besar. Sementara fenomena angin puting beliung baru terjadi di Jabar dalam empat bulan terakhir ini. “Kita punya sungai besar,20 di daerah utara dan 20 di daerah selatan. Sedangkan angin puting beliung melanda di Jabar sejak empat tahun belakangan ini,”ujar dia.

Menurut Sigit, pihaknya juga memerhatikan potensi bencana alam lainnya, seperti gunung meletus dan sebagainya. Dikatakannya, di Jawa Barat ada tujuh gunung aktif, seperti di kawasan gunung Papandayan (Garut).
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7203 seconds (0.1#10.140)