Waspadai gelombang tinggi di Sumsel

Jum'at, 06 Januari 2012 - 09:04 WIB
Waspadai gelombang tinggi di Sumsel
Waspadai gelombang tinggi di Sumsel
A A A
Sidonews.com - Anda yang menggunakan transportasi kapal jurusan Palembang-Bangka sebaiknya waspada. Pasalnya, hari ini, Bandan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun SUltan Mamud Badarudin (SMB) II Palembang memprediksi wilayah Sumatera Selatan akan terjadi hujan disertai badai sehingga rawan akan ancaman gelombang tinggi.

"Untuk wilayah daratan Sumsel masih cukup aman, namun untuk jalur pelayaran laut Palembang-Bangka baik kapal ferry maupun kapal cepat, rawan ancaman ombak," kata Kepala BMKG Stasiun Palembang Agus Santoso seperti dikutip okezone tadi malam.

Dari pantauan citra satelit, kata Agus, sangat jelas wilayah udara Sumssel masih ditutup awan. Bahkan beberapa hari kedepan Sumsel akan ditutupi awan dan hujan cukup tinggi menjadi 20-40 milimeter.

"Peristiwa hujan di Sumsel semua terekam citra satelit, jadi kita pantau terus perkembagan yang terjadi," terang Agus kepada wartawan seperti dikutip okezone. Hujan akan terjadi sepanjang hari pagi hingga sore.

Untuk kecepatan angin, menurut Agus, masih dalam kategori normal yakni 30 km per jam. Angin dinyatakan dalam kategori merusak jika sudah berada di atas 60 km per jam. Khusus untuk pelayaran, BMKG secara rutin memberikan laporan kepada otoritas pelabuhan yang selanjutnya disampaikan operator pelayaran sehingga menjadi acuan dalam pelayaran.

"Walau kecepatan angin masih dalam katgori normal, namun untuk pelayaran agar tetap waspada ancaman gelombang tinggi. Hal ini dilakukan untuk keselamatan penumpang," jelasnya.

Seperti diketahui, pelayaran laut Palembang-Bangka yang menggunakan kapal feri dan kapal cepat sering terganggu oleh gelombang tinggi pada rentang waktu Desember-Januari. Bahkan tidak jarang rute tersebut dihentikan sementara jika dirasa gelombang tinggi sudah diatas normal demi keselamatan penumpang. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5466 seconds (0.1#10.140)