Pengungsi Syiah masih diintimidasi

Rabu, 04 Januari 2012 - 18:10 WIB
Pengungsi Syiah masih diintimidasi
Pengungsi Syiah masih diintimidasi
A A A
Sindonews.com - Pengikut Syiah di tempat pengungsian, GOR Sampang, Madura, Jawa Timur, masih mendapat perlakuan intimidasi oleh sekelompok orang. Saat ini mereka membutuh pengamanan dari pihak kepolisian.

"Kami berharap, petugas kepolisian menjamin keselamatan dan keamanan para pengikuti Syiah di pengungsian. Sebab, sampai hari ini mereka masih mendapatkan intimidasi," ujar Ketua Dewan Syuro Ahlulbait Indonesia Umar Syahab, kepada wartawan, Rabu (4/1/2012)

Selain petugas kepolisian, Dewan Syuro Ahlulbait Indonesia meminta pengamanan dari pemerintah daerah setempat. Demi terciptanya kerukunan antar umat beragama di Sampang, Madura.

"Semoga dilindungi dan dijamin keamanannya, karena mereka (Pengikut Syiah) kan warga Indonesia juga punya hak yang sama," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menyerahkan pengamanan terhadap pengungsi Syiah di Sampang kepada Polda setempat. "Biar Kapolda aja, biar dia yang mengatur (keamanan di Sampang)," katanya.

Untuk personel yang diturunkan, Saud mengaku sudah cukup untuk pengamanan di sana. Namun, dirinya tak menyebutkan jumlah persisnya personel yang dikerahkan. "Tak hapal sekali. Tapi sudah cukuplah," terangnya singkat.

Ditambahkan, polisi juga telah menetapkan seorang tersangka atas kerusuhan agama di Sampang. "Kami sudah mengamankan seorang tersangka berinisial M yang beralamat di desa Pandan, Kecamatan Komben, Sampang," ungkapnya.

Tersangka dikenakan pasal 187 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. Sebelumnya, sebanyak 15 saksi telah dimintai keterangannya. Tersangka berhasil ditangkap atas rekaman video serta barang bukti yang ditemukan di lapangan. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5404 seconds (0.1#10.140)