Februari, Samsat keliling beroperasi

Rabu, 04 Januari 2012 - 08:19 WIB
Februari, Samsat keliling beroperasi
Februari, Samsat keliling beroperasi
A A A
Sindonews.com- Mulai Februari 2012 Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Palembang memaksimalkan pelayanan bagi pembayar pajak kendaraan bermotor dengan mengoperasional kan pelayanan prima Samsat keliling.

Dir Lantas Polda Sumsel Kombes Polisi Firman Shantyabudi melalui Kasi Subdit Regident Polda Sumsel Regional Trafic Manajemen Center Kompol Gusti Maychandra mengatakan, pelayanan tersebut untuk memudah bagi Wajib Pajak (WP) yang berada di daerah cukup jauh dari pusat kota atau kantor Samsat Palembang. Yakni dengan menyediakan satu unit kendaraan yang mobil ke titik-titik terjauh dari pusat kota.

“Samsat keliling ini merupakan salah satu dari program kita di Januari 2012, sebagai bentuk keseriuasan kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya wajib pajak (WP) atau pemilik kendaraan. Hal ini juga guna menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya,” kata Gusti Maychandra, Selasa 3 Januari 2012.

Gusti menjelaskan, program ini akan di-launching pada akhir Januari sehubungan saat ini pihaknya masih melakukan penyusunan teknis akan berbagai keperluan dalam pengoperasian Samsat keliling tersebut.

Di mana pergerakan satu unit kendaraan, yang di dalamnya dapat melayani isi ulang satu tahun pelayanan pembayaran pajak bagi masyarakat yang jaraknya jauh dari kantor Samsat Palembang, sehingga bisa ter-cover.

“Nanti akan disurvei daerahnya. Kemudian disampaikan kepada masyarakat hariharinya, seperti di Kalidoni, Kertapati dan Alang-alang Lebar yang daerahnya jauh dari pusat kota.Kiranya dengan begitu bisa mempermudah pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor,”jelasnya.

Gusti menambahkan, pihaknya juga akan meluncurkan layanan kepada masyarakat berupa SMS atau pesan singkat terkait informasi. Baik itu untuk kendaraan yang dicuri maupun jika masyarakat mencurigai kendaraan hasil curian, bisa mengakses informasi dengan mengetik Palembang- 1, kemudian nomor kendaraan yang diminta.

Otomatis nanti akan direport oleh operator yang bertugas, di mana pihaknya akan bekerjasama dengan provider yang bisa akses nomornya lebih mudah.

“Ini juga dapat merupakan informasi salah satu fungsi kita yaitu identifikasi tentang kejadian kriminalitas khususnya curanmor, atau apapun. Kita bisa mem-backup informasi kendaraan baik yang dicuri atau dicurigai. Kalau datanya tidak sesuai dengan jenis kendaraan maka bisa diketahui jika kendaraan itu tanpa surat lengkap atau bodong. Inilah program kita di bulan Januari 2012 dan Februari tentunya ada lagi. Begitu seterus,” tandasnya.

Untuk 2011, jelas Gustim, Samsat di Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel telah memberikan layanan kepada Wajib Pajak(WP) khususnya di Kota Palembang. Bahkan layanan ini mendapat piala Citra dan ISO ditinjau dari indikator pelayanan.

Bisa memberikan jaminan kepada wajib pajak(WP) yang mengurus surat surat dengan indikatorwaktu, dalam pelayanan dalam waktu maksimal 15menit. Sehinggapelayanan Samsat dapat lebih dioptimal.

Sementara itu, dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Polresta Palembang juga telah meluncurkan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) keliling. Tujuannya agar bisa meng-cover masyarakat yang hendak mengadukan atau melaporkan atas apa yang dialami.

“Dengan adanya peningkatan pelayanan demikian itu,masyarakat lebih proaktif menyampaikan informasi dalam rangka Kamtibmas di tengah-tengah lingkungan masyarakat,” ujar Kapolresta Palembang Kombes PolisiAgus Sulistiyono.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4301 seconds (0.1#10.140)