Usai Ikut Seminar di Bogor, 1 Pasien di Samarinda Dinyatakan Positif Corona

Kamis, 19 Maret 2020 - 03:41 WIB
Usai Ikut Seminar di Bogor, 1 Pasien di Samarinda Dinyatakan Positif Corona
Usai Ikut Seminar di Bogor, 1 Pasien di Samarinda Dinyatakan Positif Corona
A A A
SAMARINDA - Seorang pasien yang sedang diisolasi di RSUD AW Syahranie Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dinyatakan positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Hal itu dipastikan setelah Pemprov Kaltim menerima hasil tes laboratorium seorang pasien dengan status Pasien Dengan Pengawasan (PDP).

Gubernur Kaltim, Isran Noor menjelaskan pasien terjangkit ini punya riwayat bepergian ke Kota Bogor, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. "Dari hasil tracing, pasien ini baru pulang dari acara seminar di Bogor. Peserta seminar punya grup WhatsApp dan dari situ diketahui ada salah satu peserta yang diisolasi di Solo," ujar Isran dalam konferensi pers di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (18/03/2020) malam.

Lebih jauh Isran menyebut, pasien terjangkit di Solo, Jawa Tengah itu kemudian meninggal dunia usai dinyatakan positif COVID-19. Begitu mendengar kabar ada yang terjangkit, pasien di Samarinda langsung menghubungi Dinas Kesehatan Kota Samarinda melalui sambungan 112.

"Warga yang terjangkit ini punya kesadaran tinggi sehingga langsung melapor dan langsung diisolasi," kata Isran.

Menurut Isran, kondisi pasien terjangkit dalam kondisi baik. Gejala awal seperti demam dan batuk sudah hilang. Berbeda dengan saat masa awal isolasi.

Gubernur Isran juga menyebut ada tiga pasien PDP yang diisolasi di rumah sakit di Balikpapan yang juga ikut seminar di Bogor. Hanya saja belum keluar hasil tes laboratoriumnya.

"Peserta seminar dari Kaltim ada empat orang. Satu orang dari Samarinda yang terjangkit, dan tiga orang dari Balikpapan yang kini sedang diisolasi," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)