alexametrics

Keren, Siswa SMK di Cirebon Gunakan e-KTP untuk Nyalakan Motor

loading...
A+ A-
CIREBON - Sejumlah siswa yang tergabung dalam komunitas pecinta komputer di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat membuat sebuah teknologi kunci kendaraan anti maling, Senin (16/3/2020) siang.

Dengan memanfaatkan kode unit dari e-KTP siswa yang dibimbing ahli IT tersebut membuat sebuah komponen kelistrikan dan sensor pembaca kode. Hasilnya, sepeda motor mampu menyala dengan hanya menggunakan e-KTP tanpa mengaktifkan kunci kontak.

Para pelajar yang mendapat bimbingan langsung dari ahli IT jagat digital, membuat teknologi anti maling ini membuat riset selama hampir tiga bulan. e-KTP yang memiliki kode unik di dalamnya, sengaja dipilih lantaran hanya memiliki satu kode dan tidak dapat digunakan oleh pemilik e-KTP lainnya.



Pelajar pun mengklaim jika kendaraan yang dipasang sensor ini bakal anti maling lantaran kunci kontaknya sudah dinon-aktifkan dan hanya berfungsi untuk mengunci setang.

Ide awal pembuatan kunci kendaraan anti maling ini didasari atas keprihatinan maraknya pencurian sepeda motor, tak terkecuali yang terparkir di halaman rumah.

Para pelajar bersama pembimbing kemudian melakulan riset dan menemukan keunikan dalam e-KTP yang bisa dijadikan alat untuk menyalakan kendaraan. Para siswa yang rata-rata duduk di kelas 1 dan 2 SMK, kemudian diberikan pengarahan untuk membuat kunci anti maling tersebut.

"Dengan biaya tiga ratus hingga lima ratus ribu rupiah, alat tersebut dibuat dengan memakan waktu satu minggu ke depan. Komunitas pecinta komputer bersama jagat digital akan membernyak kunci serupa dan akan mengembangkannya untuk kendaraan roda empat," pungkas Calita, Pembimbing Komunitas Komputer.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top