1 Mahasiswi yang Baru Pulang dari China Diamankan di Ruang Isolasi Bandara Juanda

Jum'at, 13 Maret 2020 - 14:01 WIB
1 Mahasiswi yang Baru Pulang dari China Diamankan di Ruang Isolasi Bandara Juanda
1 Mahasiswi yang Baru Pulang dari China Diamankan di Ruang Isolasi Bandara Juanda
A A A
SIDOARJO - Petugas Kesehatan Bandara Juanda Surabaya mengamankan seorang mahasiswi asal Malang, Jawa Timur ke ruang isolasi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Surabaya di Bandara Juanda karena diketahui telah melakukan perjalanan dari China, Jumat (13/3/2020). Upaya pengawasan penumpang asing ini dilakukan pasca-meningkatnya WNI yang terjangkiti virus Corona.

Upaya pengawasan dilakukan mulai dari pintu pesawat dan Terminal Kedatangan Internasional, Jumat siang (13/3/2020). (Baca: Pemkot Solo Tracking Pasien Suspect Corona yang Meninggal di RSUD Dr Moewardi)

“Seluruh penumpang internasional tanpa kecuali diperiksa suhu tubuhnya sejak keluar dari pintu pesawat yang merapat di apron bandara meski penumpang internasional yang baru datang ini wajib menyerahkan data melalui surat kewaspadaan kesehatan yang dibagi di dalam pesawat. Namun pemeriksaan di Bandara Juanda tetap dilakukan dua tahap,” kata Kepala KKP Kelas 1 Surabaya dr Budi Hidayat.

Tahap pertama, kata dia, dilakukan di pintu pesawat dengan menggunakan alat thermo scanner gun yang dilanjutkan dengan pemeriksaan tahap kedua di terminal kedatangan internasional bandara melalui pemeriksaan surat kewaspadaan kesehatan.

“Dalam pemeriksaan itu petugas menemukan satu penumpang asal Malang, Jawa Timur yang diketahui melakukan perjalanan dari China dengan sistem transit di Malaysia. Oleh petugas mahasiswi itu langsung diamankan ke ruang isolasi KKP Surabaya yang berada di area Terminal Kedatangan Internasional,” timpal dia.

Meski yang bersangkutan tampak dalam kondisi sehat, lanjut dia, namun karena memiliki riwayat perjalanan dari China yang bersangkutan terpaksa menjalani proses pemeriksaan di ruang isolasi KKP Bandara Juanda.

“Yang bersangkutan yang dirahasiakan identitasnya ini diinterogasi dan menjalani proses pemeriksaan medis di dalam ruang isolasi,” ungkapnya. Hingga Jumat siang mahasiswi yang diamankan di ruang isolasi KKP Bandara Juanda Surabaya masih diperiksa intensif kesehatan di dalam ruang isolasi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7534 seconds (0.1#10.140)