alexametrics

Gempa Bumi Tektonik 4.4 SR Guncang Halmahera Utara

loading...
A+ A-
MANADO - Wilayah Halmahera Utara kembali diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (4/3) pukul 17:29:52 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter 4.4 skala Richter (SR) terjadi pada koordinat episenter pada 1.56 LU dan 127.75 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Barat Laut Halmahera–Maluku Utara pada kedalaman hiposenter 130 km.

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Abraham F. Mustamu menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman menengah akibat adanya subduksi lempeng laut maluku.

“Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Ibu, Halmahera Barat dengan skala intenistas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang gantung bergoyang). Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut,”katanya.



Dijelaskan, hingga Rabu (4/3) pukul 18.40 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di sekitar Wilayah Halmahera dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”pungkasnya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top