Tangkal Penyebaran Virus Corona, Pengawasan WNA Harus Ditingkatkan

Rabu, 04 Maret 2020 - 14:08 WIB
Tangkal Penyebaran Virus Corona, Pengawasan WNA Harus Ditingkatkan
Tangkal Penyebaran Virus Corona, Pengawasan WNA Harus Ditingkatkan
A A A
BOJONEGORO - Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono meminta Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) di Jatim lebih optimal dalam pengawasan orang asing. Hal ini untuk menangkal penyebaran virus korona.

Menurutnya, Tim Pora harus bekerja hingga tingkat kecamatan agar pengawasan dan kegiatan orang asing di Jatim lebih optimal dan efektif. Melihat kasus di negara-negara seperti Korea Selatan, Italia maupun Iran, virus korona adalah jenis virus yang termasuk paling cepat persebarannya.

“Sehingga secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada kompleksitas permasalahan yang ditimbulkan,” katanya, Rabu (4/3/2020).

Kondisi ini, lanjut Krismono, merupakan tantangan dan motivasi bagi Tim Pora di Jatim agar lebih meningkatkan penguatan koordinasi. Serta meningkatkan regulasi pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing secara terkoordinasi.

"Pada prinsipnya, pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di Indonesia tidak tergantung pada Imigrasi saja. Melainkan semua pihak, baik instansi maupun masyarakat," terangnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7372 seconds (0.1#10.140)