Sekda Akui Fasilitas RSUD Sidimpuan Belum Memadai Tangani Pasien Corona

Rabu, 04 Maret 2020 - 05:17 WIB
Sekda Akui Fasilitas RSUD Sidimpuan Belum Memadai Tangani Pasien Corona
Sekda Akui Fasilitas RSUD Sidimpuan Belum Memadai Tangani Pasien Corona
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), Letnan Dalimunthe mengaku, fasilitas untuk penanganan pasien terinfeksi virus corona di RSUD Sidimpuan belum memadai. (Baca juga: Diduga Suspect Corona, Satu Warga Sidimpuan Dikirim ke RSUD Adam Malik)

Namun, saat ini pihaknya sudah menyiapkan sejumlah ruangan isolasi bagi warga yang terinfeksi penyakit yang sudah mewabah di dunia itu. "Ruangan sudah disiapkan, tapi fasilitas masih kurang, karena penunjukkan RSUD Sipirok sebagai rumah sakit rujukan pasien corona secara tiba-tiba saja," ujarnya kepada SINDOnews, Selasa (3/3/2020).

Menurut dia, sejumlah tenaga medis dari RSUD Padangsidimpuan juga sudah dikirim ke Jakarta guna mengikuti kursus penangan penyakit yang mematikan itu. "SDM juga belum tersedia, makanya kami sudah mengirim tenaga medis untuk diberikan kursus," imbuh laki-laki yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan itu.

Ditanya tentang obat-obatan, Sekda mengakui, pengadaan obat-obatan merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi Sumut, melalui Dinas Kesehatan. "Kebutuhan obat semua dikirim dari Dinkes Sumut,"tandasnya.

Sebelumnya, sejumlah anggota DPRD Padangsidimpuan, juga mengakui rumah sakit umum belum layak dijadikan sebagai rumah sakit yang menangani penyakit corona. Alasannya kata wakil rakyat itu, fasilitas seperti ruangan belum memiliki fasilitas layaknya ruangan penanganan pasien corona.

"Ruangan hanya diisi tempat tidur saja, sedangkan obat-obatan ditambah SDM juga belum tersedia,"tandas Wakil Ketua DPRD Padangsidimpuan Rusydi Nasution.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9476 seconds (0.1#10.140)