alexametrics

Sulut Masih Diguyur Hujan Deras, BMKG Ingatkan Warga Waspada

loading...
A+ A-
MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Minahasa Utara kembali mengingatkan jika beberapa daerah di Sulawesi Utara (Sulut) masih akan terus diguyur hujan lebat.

Untuk hari ini kata prakirawan BMKG, M. Nur Hadi, hari ini tanggal 02 Maret 2020 pukul 08.30 Wita masih terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 09.00 Wita di wilayah Bolmong Timur (bagian utara), Bitung (bagian timur dan selatan), Tomohon (seluruh wilayah), Minahasa (seluruh wilayah), Minahasa Utara (bagian selatan), Minahasa Tenggara dan (seluruh wilayah).

"Ini dapat meluas ke wilayah seluruh wilauah Minahasa Utara, Bitung, Manado, dan Kabupatan Kepulauan Sitaro. Sedangkan Kabupaten Minahasa Selatan hanya di bagian utara dan timur. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 12.00 Wita," jelasnya.



Sementara itu, hasil pemutakhiran pada Dasarian III Februari 2020, pertama, monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) menunjukkan secara umum di wilayah Sulawesi Utara mengalami hari tanpa hujan dengan kriteria sangat pendek (1–5 hari), dan ada beberapa wilayah dengan kriteria pendek (6–10 hari) dan panjang (21–30 hari).

Adapun wilayah yang hari tanpa hujannya dengan kriteria panjang (21–30 hari) adalah di UPTD Pinolosian (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan).

Kedua, curah hujan kumulatif di wilayah Sulawesi Utara pada Dasarian III bulan Februari 2020 berada pada kisaran kriteria rendah hingga menengah, dimana curah hujan tertinggi terjadi di KC. Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow dengan curah hujan sebesar 94.3 mm.

Ketiga, prakiraan hujan probabilistik untuk Dasarian I Maret 2020 peluang hujan dengan kriteria rendah (≤50 mm/das) terjadi di wilayah Sulawesi Utara dengan peluang kejadian berada pada kisaran 10% hingga 70%.

Peluang hujan dengan kriteria Menengah (51-150 mm/das) terjadi di wilayah Sulawesi Utara dengan peluang kejadian berada pada kisaran 10% hingga 90%.

Peluang hujan dengan kriteria Tinggi (151-300 mm/das) terjadi di wilayah Sulawesi Utara dengan peluang kejadian berada pada kisaran 10%-20%.

Peluang hujan dengan kriteria sangat tinggi (>300 mm/das) terjadi di wilayah Sulawesi Utara dengan peluang kejadian berada pada kisaran <10%.

Keempat, prakiraan hujan Deterministik menunjukkan secara umum mulai dari dasarian I Maret 2020 hingga dasarian I April 2020, secara umum Provinsi Sulawesi Utara berpeluang terjadi hujan dengan kriteria Rendah hingga Menengah (11–150 mm/dasarian).
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top