Tim Gabungan Datangi Dukun yang Ngaku Bisa Manggil Nabi, Ada Apa?

Rabu, 05 Februari 2020 - 15:22 WIB
Tim Gabungan Datangi Dukun yang Ngaku Bisa Manggil Nabi, Ada Apa?
Tim Gabungan Datangi Dukun yang Ngaku Bisa Manggil Nabi, Ada Apa?
A A A
PASURUAN - Tim gabungan dari Polda Jatim, Kejati, Dinas Kesehatan, Dinaskertrans, Satpol PP Pemprov Jatim, Polres, dan Kejari Kabupaten Pasuruan secara mendadak mendatangi tempat praktek alternatif Ningsih Tinampi pada Rabu (4/2/2020).

Diduga, kedatangan tim gabungan ke rumah Ningsih Tinampi di Gang Lambau Dusun Lebaksari, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), terkait pernyataan dukun tersebut yang mengaku bisa memanggil nabi dan malaikat.

Satu persatu aparat gabungan masuk ke ruang khusus pengobatan pasien Ningsih Tinampi. Namun, saat awak media berusaha meliput dilarang masuk oleh Serma Khaiyin Yatim anggota Kodim 0819 Pasuruan yang mengenakan baju nondinas. Anggota TNI tersebut disangka kuat sebagai keamanan pribadi dukun tersebut.

Meski tidak sempat terjadi keributan, namun menyita perhatian pasien yang sakit serta aparat petugas tersebut. Anggota Kajari Kabupaten Pasuruan Ramdanu Dwiyantoro mengatakan, kedatangan tim gabungan dalam rangka melakukan pengawasan.

"Terkait komentar Ningsih Tinampi yang viral, kami minta klarifikasi dari dia. Kami juga sudah melakukan rapat dengan Bakorpakem Kabupaten Pasuruan, agar ke depannya ada pencerahan atas kasus Ningsih Tinampi," ujar Ramdanu.

Dia menambahkan, soal ranah hukum atas pernyataan Ningsih Tinampi yang mengaku bisa memanggil nabi dan malaikat, pihaknya akan mempelajari dan melihat lebih jauh. "Sebab, masalah Ningsih Tinampi terkait ketenangan masyarakat," tukasnya.

dr Dian Islami perwakilan Dinkes Pemprov Jatim menambahkan, kedatangannya sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan terhadap viralnya cara pengobatan Ningsih Tinampi. "Hasil pengawasan ini, akan kami laporkan ke Kadinkes. Selanjutnya, Kadinkes akan melaporkannya ke Gubernur Jatim," katanya.

Sementara itu, Ningsih Tinampi mengaku tidak masalah didatangi tim gabungan. Dia justru merasa senang. "Gak apa-apa kok, saya senang," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ningsih Tinampi mengaku mampu memanggil nabi/rosul dan malaikat. Pengakuan tersebut dia unggah ke YouTube hingga menjadi viral. Imbasnya, banyak komentar miring dari ormas dan tokoh agama. Begitu kasus tersebut viral, Ningsih Tinampi langsung umroh ke Tanah Suci Makkah.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7139 seconds (0.1#10.140)