Tim Rescue BKSDA Kalteng Evakuasi Orangutan yang Nyasar di Kebun Sawit

Jum'at, 24 Januari 2020 - 17:13 WIB
Tim Rescue BKSDA Kalteng Evakuasi Orangutan yang Nyasar di Kebun Sawit
Tim Rescue BKSDA Kalteng Evakuasi Orangutan yang Nyasar di Kebun Sawit
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Tim Wildlife Rescue Unit SKW II BKSDA Kalteng yang berkantor di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berhasil mengevakuasi orangutan besar jantan dengan berat 72 kilogram di kebun sawit perusahaan di Desa Bahaur, Kabupaten Seruyan.

Orangutan besar jantan ini pertama kali dilihat oleh petugas keamanan perusahaan sawit PT Wana Sawit 2, Gabriel pada 19 Januari 2020.

Kepala Seksi BKSDA Kalteng SKW 2, Pangkalan Bun, Dendi Sutiadi mengatakan, setelah dilaporkan pihak perusahaan, selanjutnya Wildlife Rescue Unit SKW II BKSDA Kalteng bersama Orangutan Foundation International (OFI) menuju lokasi.

“Pagi kita berangkat keesokan harinya pada pukul 14.22 WIB, kita berhasil evakuasi dengan cara menembakkan obat bius saat orangutan berada di sekitar kebun sawit,” ujar Dendi, Jumat (24/1/2020).

Ia menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan awal, penimbangan berat badan dan pengambilan sampel darah, selanjutnya orangutan tersebut dibawa ke Orangutan Care Centre and Quarantine di Desa Pasir Panjang, Pangkalan Bun. “Sampai hari ini kondisi masih baik dan masih dalam perawatan di OCCQ center.”
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7067 seconds (0.1#10.140)