alexametrics

Libur Akhir Tahun, Kedatangan TKI di Bandara Juanda Melonjak 15%

loading...
Libur Akhir Tahun, Kedatangan TKI di Bandara Juanda Melonjak 15%
Libur Akhir Tahun, Kedatangan TKI di Bandara Juanda Melonjak 15%
A+ A-
SURABAYA - Seiring libur akhir tahun, arus mudik tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang pulang kampung melalui Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jatim, Senin malam (30/12/2019) melonjak.

Suasana terminal kedatangan Internasional Bandara Juanda Surabaya Senin malam (30/12/2019) ramai. Mereka sengaja datang balik ke Tanah Air untuk pulang kampung berlibur bersama keluarganya.

Tercatat 22 penerbangan dari Malaysia, Singapura, dan Hong Kong yang dilayani 8 maskapai penerbangan sejak 25 Desember hingga Senin malam (30/12/2019) full booked atau terisi penuh oleh penumpang yang sebagian besar adalah para TKI yang mudik akhir tahun.



Ribuan TKI yang datang melalui Bandara Juanda ini rata-rata menjalani cuti kerja antara 2 minggu hingga 1 bulan untuk berlibur akhir tahun.

Namun tidak sedikit juga TKI yang akhir tahun ini sengaja balik pulang kampung untuk selamanya, dan tidak balik ke tempat kerjanya di luar negeri.

Menurut data Imigrasi Juanda, arus mudik TKI yang datang melalui Bandara Juanda pada akhir tahun ini meningkat sekitar 15% dibanding akhir tahun 2018 lalu.

Sejak 25 Desember hingga Senin malam (30/12/2019) tercatat rata-rata ada sekitar 2.000 orang TKI yang datang melalui Bandara Juanda per harinya.

TKI yang datang jelang akhir tahun ini rata-rata didominasi yang bekerja di Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong.

Sementara untuk daerah tujuan mudik libur akhir tahun ini didominasi oleh sejumlah daerah kantong TKI di Jawa Timur, seperti Malang, Trenggalek, Tulungagung, dan Ponorogo.

“Saya mau pulang ke Malang. Kemarin berangkat dari tempat kerja saya di Hong Kong,” kata Sutina, salah satu TKI yang datang di Bandara Juanda.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak