BMKG dan Wisatawan Amati Fenomena Gerhana Matahari Cincin di Taman Bunga Banjarnegara

Kamis, 26 Desember 2019 - 21:03 WIB
BMKG dan Wisatawan Amati Fenomena Gerhana Matahari Cincin di Taman Bunga Banjarnegara
BMKG dan Wisatawan Amati Fenomena Gerhana Matahari Cincin di Taman Bunga Banjarnegara
A A A
BANJARNEGARA - Fenomena gerhana matahari cincin juga menarik perhatian warga di Banjarnegara, Jawa Tengah. Warga dan anak-anak mengamati gerhana di obyek wisata taman bunga bersama petugas dari Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pengamatan gerhana matahari cincin dilakukan warga sejak pukul 11.00 WIB menggunakan alat yang di sediakan BMKG berupa teropong . Warga dan wisatwan juga ada yang menggunakan alat sederhana berupa kertas filter.

Lokasi area taman bunga dipilih karena memiliki ketinggian yang pas dan lapang untuk melakukan pengamatan. Selain itu, banyak wisatawan yang sengaja ingin melihat langsung sekaligus mengabadikan gerhana matahari.

“Kami lihat di pengumuman website BMKG Stasiun Banjarnegara akan ada nonton bareng gerhana dan mengamatinya secara bersama, jadi kami tertarik ke sini. Apalagi lokasi di sini sangat sejuk dan asri sekaligus bisa berburu ilmu tentang astronomi pada petugas BMKG,“ jelas Philip salah satu wisatawan di taman bunga .

Petugas dari stasiun BMKG Banjarnegara sengaja menggelar peralatan di obyek wisata untuk memberikan edukasi sekaligus penjelasan kepada wisatawan saat libur sekolah tentang fenomena astronomi. BMKG juga menggelar nonton bareng streaming di puncak obyek wisata.

“Kebetulan lokasi wisata ada di depan kantor kami, jadi kami bawa peralatan dan amati bersama wisatawan yang berkunjung ke taman bunga ini. sekalgus memberikan edukasi kepada wisatawan pada libur sekolah kali ini tentang astronomi dan fenomena gerhana matahari,” jelas Arya Ali salah satu pengamat dari BMKG stasiun Banjarnegara.

Pengamatan fenomena gerhana dilakukan hingga pukul 14.00 WIB. Fenomena gerhana ini juga diabadikan wisatawan dengan kamera ponsel dengan backround taman bunga yang tengah bermekaran.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5054 seconds (0.1#10.140)