UMSU Cetak Dua Rekor Muri saat Gerhana Matahari Cincin

Kamis, 26 Desember 2019 - 17:38 WIB
UMSU Cetak Dua Rekor Muri saat Gerhana Matahari Cincin
UMSU Cetak Dua Rekor Muri saat Gerhana Matahari Cincin
A A A
MEDAN - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mencetak dua rekor Meseum Rekor Indonesia (MURI) saat fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC), Kamis (26/12/2019). Dua rekor tersebut, adalah menyediakan kamera lubang jarum terbesar dan pembuatan kacamata gerhana matahari terbanyak mencapai 3.000 unit kacamata.

Manager Operasional Muri, Andre Purwandono menuturkan, UMSU memecahkan rekor Muri pengamatan gerhana Matahari dengan kamera lubang jarum terbesar. Besarnya kamera lubang jarum ini setelah diverifikasi pihak Muri yakni sebesar 15x17,5 meter.

"Kamera lubang jarum ini merupakan yang terbesar di Indonesia dan dunia. Negara lain maupun daerah lain belum pernah mengadakan seperti ini," terangnya.

Pencatatan rekor Muri kedua, lanjutnya, adalah pembuatan kacamata gerhana matahari terbanyak yang mencapai 3.000 unit kacamata yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang datang ke Kampus Pasca sarjana UMSU, Jalan Denai Medan.

Rektor UMSU, Agussani mengucapkan terima kasih atas atensi dan kerja sama semua pihak yang telah menyukseskan rekor Muri bersamaan dengan pengamatan Gerhana Matahari Cincin yang dilakukan Observatorium Ilmu Falaq (OIF). Di lokasi penglihatan gerhana matahari cincin sudah diramaikan ribuan warga yang berbondong-bondong melihat langsung fenomena alam langka itu.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua MUI Medan Mohamad Hatta, Pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumut, anggota DPR RI Komisi X, dan perwakilan Muri.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4153 seconds (0.1#10.140)