Jalan Rusak Menuju Puskesmas, Wanita Ini Melahirkan di Perjalanan

Kamis, 12 Desember 2019 - 14:09 WIB
Jalan Rusak Menuju Puskesmas, Wanita Ini Melahirkan di Perjalanan
Jalan Rusak Menuju Puskesmas, Wanita Ini Melahirkan di Perjalanan
A A A
ENDE - Seorang wanita hamil bernama Karolina Karo (37) asal Desa Liselande, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Ende, Flores, NTT terpaksa melahirkan di sebuah pondok di Desa Hangalande, Kotabaru, Kamis (12/12/2019).

Karolina terpaksa melahirkan di sebuah pondok dengan dibantu seorang bidan tenaga sukarela Desa Liselande bermana Agustina Lita karena sudah tak mampu lagi bertahan saat hendak di bawa ke Puskesmas Kota Baru yang berjarak 20 Km.

Informasi yang dihimpun, awalnya Karolina berencana menuju ke Puskesmas Kotabaru yang jarak sekitar 20 kilometer dengan Suaminya dan seorang pemuda serta bidan Agustina. Perjalanan cukup ekstrem karena akses jalan yang tidak memadai dan beberapa ruas jalan nampak rusak parah.

Sekitar 3 kilometer jarak dari rumahnya, Karolina mengeluh kesakitan dan ingin melahirkan. Mereka bersepakat berhenti lantas menggotong Karolina ke sebuah pondok sekitar.

Dibantu oleh bidan Agustina, Karolina akhirnya melahirkan di pondok tersebut. Setelah melahirkan, ibu dan bayi tersebut kemudian diantar ke Pustu Hangalande untuk dirawat.

Virgilius Kami, Anggota DPRD Ende menyatakan bahwa kejadian serupa rentan terjadi di wilayah tersebut. Termasuk beberapa desa lain seperti Desa Hangalande, Desa Tiwusora dan Desa Liselande.

Hal ini disebabkan letak pemukiman jauh dari Puskesmas serta akses jalan yang belum memadai. “Di sana memang ada pustu. Tapi sudah tidak layak lagi karena bangunan sudah tua. Lalu jalan belum memadai, belum aspal dan bebatuan,” tutur Virgil.

Ia berharap, kondisi ini perlu diperhatikan secara serius oleh pemerintah untuk menyelamatkan keselamatan ibu dan anak.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6228 seconds (0.1#10.140)