UII Raih Penghargaan PTS Paling Hijau Lestari di Indonesia

Kamis, 05 Desember 2019 - 13:31 WIB
UII Raih Penghargaan PTS Paling Hijau Lestari di Indonesia
UII Raih Penghargaan PTS Paling Hijau Lestari di Indonesia
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta meraih penghargaan dari Universitas Indonesia (UI) Green Metric World 2019 sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) peringkat pertama hijau lestari di Indonesia. Sedangkan secara nasional menempati urutan ke-8 dan di dunia peringkat 109.

UII mengumpulkan 6.925 poin, dengan nilai terbesar di aspek pendidikan dan penelitian, transportasi manajemen energi, serta perubahan iklim. Penghargaan diterima UII yang diwakili Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII, Imam Djati Widodo serta Kepala Bidang Akademik dan Organisasi, Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan UII, Shubhi Mahmashony Harimurti, di Universitas Indonesia (UI), Selasa (3/12/2019).

Imam Djati Widodo menjelaskan, penilian UI GreenMetric berbeda dengan pemeringkatan lain, sebab dinilai dari sisi kelestarian yang dihubungkan dengan beragam aspek. Di antaranya manajemen energi, limbah, dan air, serta pendidikan yang sensitif dengan kelestarian lingkungan.

“UII berkomitmen akan selalu mengembangkan kebijakan-kebijakan yang pro-lingkungan. Apalagi lingkungan menjadi isu bersama di seluruh dunia. Sehingga UII pun akan turut serta membantu demi kebaikan lingkungan,” jelas Imam Djati Widodo, Kamis (5/12/2019).

UI GreenMetric 2019 diikuti oleh 780 perguruan tinggi (PT) dari 85 negara di dunia, jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 719 PT dari 81 negara. “Alhamdulillah. UII bersyukur dapat masuk dalam jajaran PT yang dinilai memiliki kepedulian terhadap lingkungan,” ungkapnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6255 seconds (0.1#10.140)