Puncak Musim Hujan di Sumsel Diprediksi Awal Februari 2020

Rabu, 04 Desember 2019 - 17:36 WIB
Puncak Musim Hujan di Sumsel Diprediksi Awal Februari 2020
Puncak Musim Hujan di Sumsel Diprediksi Awal Februari 2020
A A A
PALEMBANG - Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten Palembang, Nandang Pangaribowo mengatakan, puncak musim hujan di Sumatera Selatan (Sumsel) diprediksi terjadi pada Februari-Maret 2020. Kondisi Klimatologi di Sumsel saat ini tengah memasuki awal musim hujan.

"Karena masih awal musim hujan jadi masa peralihan masih aktif. Memang sempat hujan lebat di dasarian III bulan November. Namun, curah hujan kembali normal pada dasarian I bulan Desember," ujar Nandang, Rabu (4/12/2019).

Menurut dia, masa peralihan seperti ini patut diwaspadai, karena cuaca kerap tiba-tiba berubah dari biasanya, sehingga terjadi tekanan rendah yang menjadikannya hujan deras dan disertai angin kencang.

"Angin kencang biasanya terjadi pada daerah bertopografi landai, kami analisis kecepatan angin tertinggi terakhir terjadi di wilayah Banyuasin, sementara di Palembang masih normal yakni 10-20 knot (1 knot=1,8 Kilometer)," katanya.
Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima dari prakiraan cuaca oleh BMKG Stasiun Meterologi SMB II hingga pukul 17.00 WIB, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang sesaat di wilayah Pagar Alam, Lahat (Jarai, Tanjung Sakti Pumi), Musi Banyuasin (Lais, Sekayu, Bayung Lincir, Sungai Keruh, Plakat Tinggi), Banyuasin (Makarti Jaya, Pulau Rimau, Tungkal Ilir), Muara Enim (Gunung Megang, Benakat, Semende Darat Tengah, Semende Darat Ulu, Ujan Mas, Muara Enim).

"OKU Selatan seperti Muara Dua, Simpang, Buay Pemaca, Buay Rawan, Kisam Tinggi, Runjung Agung, Buay Runjung dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB," jelasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4668 seconds (0.1#10.140)