Buku Babon Pancasila, BPIP: Desember Harus Sudah Jadi

Jum'at, 08 November 2019 - 21:25 WIB
Buku Babon Pancasila, BPIP: Desember Harus Sudah Jadi
Buku Babon Pancasila, BPIP: Desember Harus Sudah Jadi
A A A
BADUNG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sedang menyiapkan buku babon atau buku induk Pancasila. Buku itu ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

"Desember ini kita targetkan harus sudah jadi," kata Deputi Bidang Pengkajian dan Materi BPIP Adji Samekto di sela diskusi bertema "Sinkronisasi dan Akseptasi Buku Pancasila: Dialektika dan Masa Depan Bangsa" di Jimbaran, Kuta, Badung, Bali, Jumat (8/11).

Menurutnya, alasan diterbitkannya buku babon Pancasila itu karena ada kevakuman tentang pengetahuan ideologi paska reformasi. Hal itu dibuktikan dengan fakta adanya aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI dan Polri yang terpapar radikalisme.

Pun demikian dengan kalangan pelajar. "Anak-anak sekarang agak lupa bahkan bisa jadi tidak tahu apa itu Pancasila. Makanya harus diingatkan," papar Adjie.

Dia menjelaskan, buku babon itu hanya berisi garis besar saja sehingga akan ditindaklanjuti dengan penerbitan buku-buku lain yang disesuaikan peruntukannya.

Ada dua kalangan yang disasar buku ini, yaitu institusi pendidikan mulai pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi dan kalangan ASN.

Penyusunan buku melibatkan lintas instansi, diantaranya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Dikti, dan Kementerian Agama.

Selain itu, dilibatkan juga akademisi dan tokoh agama. "Kontennya kontekstual sekali, misalnya untuk generasi milenial," ujarnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5270 seconds (0.1#10.140)