Buleleng Gelar Pemilihan Perbekel secara Serentak

Kamis, 31 Oktober 2019 - 14:01 WIB
Buleleng Gelar Pemilihan Perbekel secara Serentak
Buleleng Gelar Pemilihan Perbekel secara Serentak
A A A
SINGARAJA - Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak yang digelar di 79 desa lingkup Kabupaten Buleleng sudah memasuki hari pencoblosan. Sebagai ajang yang strategis dalam demokrasi, pilkel serentak diharapkan menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana saat ditemui di sela-sela pemantauan pelaksanaan pilkel serentak di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Desa Pemaron dan Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, Kamis (31/10/2019).

Bupati Agus Suradnyana menjelaskan, sampai pukul 09.00 WITA pemilih yang sudah datang di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Pemaron sudah mencapai 106 orang dari 500an orang Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari pemilihan yang sudah digelar sebelumnya baik itu pilkada, pileg atau pilpres, maupun pilkel partisipasi pemilih rata-rata mencapai 75 persen. Jumlah partisipasi tersebut diharapkan meningkat sebagai bagian dari demokrasi. “Mudah-mudahan semuanya bisa datang dan menyalurkan hak pilihnya,” jelasnya.

Pilkel serentak kali ini menjadi ajang yang sangat strategis untuk menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas. Ke depan, perbekel atau kepala desa lebih mobile dalam menggunakan anggaran. Perbekel juga harus bisa memajukan desa yang lebih signifikan.
Buleleng Gelar Pemilihan Perbekel secara Serentak

Utamanya perbekel yang cerdas dan mau bekerja nyata untuk desa. Model perbekel sekarang berbeda dengan yang dulu dimana dulu hanya sekedar aktif menjalankan program pemerintah di atasnya. “Sekarang perbekel harus inovatif karena perbekel juga mempunyai dan memegang anggaran sendiri,” ujar Agus Suradnyana.

Untuk diketahui, 79 desa menyelenggarakan pilkel serentak. Dengan rincian Kecamatan Gerokgak 11 desa, Kecamatan Busungbiu 12 desa, Kecamatan Seririt 8 desa, Kecamatan Banjar 3 desa, Kecamatan Sukasada 10 desa, Kecamatan Buleleng 9 desa, Kecamatan Sawan 11 desa, Kecamatan Kubutambahan 10 desa, dan Kecamatan Tejakula 5 desa.

Untuk calon, terdapat 265 calon dengan incumbent sejumlah 62 orang dari 79 desa penyelenggara. Jumlah DPT untuk keseluruhan 79 desa tersebut adalah 313.614 jiwa, dengan rincian laki-laki sebanyak 158.153 orang dan perempuan 155.461 orang. Dengan besaran DPT tersebut, TPS yang disediakan sejumlah 583.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1581 seconds (0.1#10.140)