Bupati PAS Ajak Pemuda Buleleng Maknai Hari Sumpah Pemuda

Senin, 28 Oktober 2019 - 14:47 WIB
Bupati PAS Ajak Pemuda Buleleng Maknai Hari Sumpah Pemuda
Bupati PAS Ajak Pemuda Buleleng Maknai Hari Sumpah Pemuda
A A A
SINGARAJA - Tak hanya itu, Hari Peringatan Sumpah Pemuda juga menjadi awal perjuangan untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Demikian diungkapkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana usai mengikuti apel peringatan ke91 Hari Sumpah Pemuda 2019 di halaman kantor Bupati Buleleng, Senin (28/10/2019).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang patut untuk terus dikenang spiritnya demi kebangkitan para pemuda Indonesia. Melalui Hari Sumpah Pemuda, generasi muda menjadi pelopor dalam pembangunan bangsa dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Bupati Buleleng mengatakan generasi muda sebagai garda terdepan dalam pembangunan, diharapkan mampu menciptakan inovasi dan berkreasi dalam pembangunan secara positif. Pihaknya juga mengajak para pemuda untuk giat dan melahirkan gagasan untuk kemajuan di Kabupaten Buleleng bersama serta mampu mensejahterakan kehidupan bersama.

“Mari kita ajarkan atau edukasi para pemuda kita, supaya memiliki inovasi ide-ide cemerlang,” ujar Bupati asal Desa Banyuatis.

Pada Kesempatan itu pula, Bupati Buleleng berkesempatan memberikan apresiasi terhadap pencapaian pemuda-pemudi Buleleng dalam berkontribusi terhadap Bumi Panji Sakti, contohnya pada bidang olahraga yakni perjuangan para atlet kabupaten Buleleng yang berkiprah di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2019 ini berhasil membawa Buleleng pada posisi juara umum 3.

“Kita melakukan hal-hal mulai dari pembibitan, kemudian mengajarkan mereka, mengedukasi mereka. Jadi pada hasilnya murni pure dari kita sendiri,” jelas Bupati yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Bali.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, memberikan penghargaan kepada Pemuda Pelopor Tahun 2019 yakni, Donnie Wesa Dharma sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan Tahun 2019 (Mendirikan Komunitas Pejuang Beasiswa Bali) yang bertujuan untuk membantu anak muda di Bali memperoleh beasiswa luar negeri; Komunitas ini juga telah membuat karya berupa buku berisi kumpulan pemuda-pemudi bali di luar negeri.

Kemudian Luh Eka Julianingsih sebagai Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya tahun 2019 (siar agama generasi milenial melalui Sad Dharma dalam merestorasi sosial Indonesia dengan paham Kebhinekaan). Lalu ada Gede Praja Mahardika sebagai Pelopor Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan tahun 2019 (pengolahan plastik bekas menjadi batu bata ramah lingkungan).

Nama berikutnya adalah Kadek Windy Astuti sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan tahun 2019 (Reusable Pads atau mengatasi Limbah Menstruasi). Selanjutnya, Made Agus Janardana, S.Pd.Gr,. M.Kom sebagai Pemuda Pelopor Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan tahun 2019. Serta, Ni Luh Resmiantini sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pangan tahun 2019 (memberdayakan produk kopi lokal).
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5588 seconds (0.1#10.140)