5 Desa di Buleleng Terima Sertifikat Utama Proklim

Senin, 28 Oktober 2019 - 14:20 WIB
5 Desa di Buleleng Terima Sertifikat Utama Proklim
5 Desa di Buleleng Terima Sertifikat Utama Proklim
A A A
SINGARAJA - Lima Desa di Kabupaten Buleleng meraih sertifikat utama bidang lingkungan hidup melalui Program Kampung Iklim (Proklim) 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Sebelum dipastikan lima Desa ini, dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng yang dipimpin Gede Ariadi Pribadi mengusulkan 17 desa untuk dilakukan verifikasi.

Penyerahan sertifikat ini dilangsungkan dalam apel bendera peringatan ke-91 Hari Sumpah Pemuda 2019 di halaman kantor Bupati Buleleng. Penyerahan dilaksanakan oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra serta Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna.

Proklim merupakan program nasional yang dikelola KLHK guna meningkatkan keterlibatkan masyarakat dalam memperkuat kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan dapat meningkatkan kesejahtraan ditingkat local sesuai kondisi wilayah.

Tahun ini lima desa yang mendapat siertifikat Proklim adalah Desa Les Kecamatan Tejakula, Desa Sudaji Kecamatan Sawan, Desa Kerobokan Kecamatan Buleleng, Desa Selat Kecamatan Sukasada Dan Desa Munduk Kecamatan Banjar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Gede Ariadi Pribadi mengatakan, penyerahan sertifikat ini merupakan hasil dari penilaian dari KLHK terhadap lokasi Proklim yang sudah melaksanakan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

”Penilaian dari Proklim ini adalah Desa yang sudah melaksanakan kegiatan adaptasi dan mintigasi yang berkaitan dengan perubahan iklim terutama penanggulangan bencana, pengelolaan sampah dan juga penghijauan di lokasi,” ucapnya.

Dengan diserahkannya sertifikat kelima desa tersebut, Gede Ariadi Pribadi akan melakasanakan pembinaan terhadap kelima desa yang meraih sertifikat tersebut.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi kelima desa yang telah mendapatkan sertifikat utama di bidang proklim 2019. Dengan raihan ini Bupati Agus Suradnyana berharap ke depan para pelaku yang ada di desa harus menjadikan lingkungan sebagai bagian terpenting.

”Seluruh desa harus mulai menjadikan lingkungan sesuatu hal yang penting buat pelestarian lingkungan yang ada di Buleleng,” ujarnya.

Proklim merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan pelestarian lingkungan dan juga sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Program ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di sekitar area konsesi, sehingga mereka bisa mencapai kesejahteraan secara sosial dan ekonomi melalui praktik yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan," terangnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9763 seconds (0.1#10.140)