TNI Kerahkan Pesawat Hercules dan Helikopter, Angkut Pengungsi Kembali ke Wamena

Rabu, 09 Oktober 2019 - 15:18 WIB
TNI Kerahkan Pesawat Hercules dan Helikopter, Angkut Pengungsi Kembali ke Wamena
TNI Kerahkan Pesawat Hercules dan Helikopter, Angkut Pengungsi Kembali ke Wamena
A A A
JAYAPURA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mengerahkan beberapa pesawat Hercules dan helikopter untuk mendukung dan memfasilitasi seluruh pengungsi yang akan kembali ke wilayahnya masing-masing, khususnya di Wamena.

“Alutsista yang digunakan untuk mendukung pengungsi adalah Hercules C-130 dan helikopter milik TNI,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP saat mendamping Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Jenderal TNI (Purn) Wiranto saat mengunjungi pengungsi di Posko Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (9/10/2019).

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat ini kondisi keamanan di Wamena sudah mulai berangsur kondusif dan para pengungsi yang masih berada di Lanud Silas Papare berharap dapat kembali ke rumah tempat tinggalnya di Wamena. Untuk itu, TNI akan memfasilitasi para pengungsi yang akan kembali ke Wamena.

Panglima TNI menuturkan, di Jayapura TNI akan menyiapkan tiga Hercules yang digunakan untuk mengangkut pengungsi yang berada di Jayapura untuk kembali ke Wamena. “Untuk pengungsi yang berada di Ilaga akan kita gunakan helikopter, nanti akan berangkat dari Timika. Sedangkan yang berada di Merauke akan kita dukung Hercules untuk kembali ke Wamena,” terangnya.

Panglima TNI menegaskan bahwa TNI dan Polri akan tetap menjaga stabilitas keamanan di wilayah Wamena termasuk juga yang berada di Oksibil serta Ilaga dengan melakukan penambahan pos pengamanan sesuai permintaan dari beberapa tokoh masyarakat.

Turut serta mendampingi Menkopolhukam di antaranya Menteri Kesehatan (Menkes) Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek SpM, Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, Kapolri Jenderal Pol Prof HM Tito Karnavian PhD, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5427 seconds (0.1#10.140)