Inggris-Bali Jajaki Kerjasama Energi Bersih untuk Pariwisata

Selasa, 24 September 2019 - 22:12 WIB
Inggris-Bali Jajaki Kerjasama Energi Bersih untuk Pariwisata
Inggris-Bali Jajaki Kerjasama Energi Bersih untuk Pariwisata
A A A
DENPASAR - Pemerintah Inggris menawarkan kerjasama dengan Bali untuk mengembangkan energi bersih. Hal itu penting untuk kelangsungan pariwisata.

Penjajakan kerjasama itu terungkap dalam pertemuan Gubernur Bali Wayan Koster dan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins di Denpasar, Selasa (24/9/2019).

Dalam pertemuan, Jenkins mengatakan negaranya memiliki banyak pengalaman dan keahlian dalam mengembangkan sumber energi terbarukan seperti angin, tenaga surya dan tenaga air.

Selain itu, Indonesia telah mengirimkan beberapa delegasi untuk melakukan studi di pulau Orkney, Skotlandia. Pulau ini menghasilkan lebih banyak energi bersih dari yang digunakan penduduknya.

Menurutnya, Bali sangat relevan meniru Orkney. "Apabila Bali sudah mengadopsi energi bersih, hal itu akan sangat baik untuk pertumbuhan pariwisata. Bali akan menjadi lebih bersih dan nyaman bagi warganya dan juga wisatawan," ujar Jenkins.

Menanggapi itu, Koster mengatakan Bali saat ini sedang menyiapkan skema, regulasi berupa Peraturan Gubernur (Pergub) dan kebijakan tentang pengembangan energi bersih.

Karena itu, Bali sangat tertarik dengan tawaran Inggris. "Inggris punya pengalaman yang sangat memadai untuk pengembangan energi bersih ini. Jadi kami bisa akan melakukan kerja sama ke depan," jelasnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3278 seconds (0.1#10.140)