Pemkot Salurkan 805 Paket Santunan Yatim

Jum'at, 06 September 2019 - 15:43 WIB
Pemkot Salurkan 805 Paket Santunan Yatim
Pemkot Salurkan 805 Paket Santunan Yatim
A A A
JAMBI - Perayaan Tahun Baru Islam, di bumi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, senantiasa dirayakan dengan semarak dan penuh suka cita.

Semangat untuk membumikan syiar Islam di Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi itu selaras dengan semangat hijrah yang telah diteladani oleh Rasullullah SAW 14 abad lalu. Ini selalu menjadi momentum yang terus dilestarikan oleh jajaran Pemerintah Kota Jambi dibawah duet kepemimpinan Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama wakilnya Maulana.

Hal tersebut tampak nyata saat lantunan salawat, munajat doa, dzikir, dan tausiyah kembali menggema di Kantor Wali Kota Jambi, pada gelaran Tabligh Akbar Pemerintah Kota Jambi, yang berlangsung pada Kamis malam (05/09/2019).

Tabligh Akbar yang merupakan event tahunan Pemkot Jambi dalam rangkaian "Semarak Muharram Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah di Kota Jambi itu, sukses dihadiri ribuan jamaah yang memutihkan Lapangan Utama Balaikota Jambi itu.

Pemerintah Kota Jambi pada tahun ini menghadirkan dai kondang asal Makassar, Ustadz Das'ad Latif guna memberikan siraman rohani pada acara tabligh akbar tersebut.

Ribuan jamaah yang sedari petang mulai memadati lokasi acara, sebelumnya dihibur dengan lantunan iringan musik gambus yang ditampilkan apik oleh Grup Musik Gambus Ash-Shofa dan penampilan grup nasyid Fastabiqul Khairat. Acara tabligh akbar tersebut juga diawali dengan salat Maghrib dan Isya berjamaah.

Telah menjadi tradisi di Pemkot Jambi, setiap tahunnya dalam momentum Tabligh Akbar Semarak Muharram, turut dirangkai dengan aksi sosial pemberian santunan kepada anak yatim di Kota Jambi. Tahun ini, Pemkot Jambi memberikan sebanyak 805 paket santunan untuk anak yatim dengan total nilai 161 juta Rupiah.

Tradisi yang telah diinisiasi oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha sejak awal periode pertama kepemimpinannya itu, bersumber dari ASN Pemkot Jambi, pejabat Pemkot, hingga Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Santunan kepada anak yatim, bagi jajaran Pemkot Jambi, selalu menjadi tradisi amalan yang senantiasa ditunggu setiap tahunnya dan tidak pernah ditinggalkan oleh kami jajaran Pemkot Jambi. Alhamdulillah, setiap tahunnya jumlah paket santunan yang disalurkan, senantiasa mengalami peningkatan drastis. Santunan ini selain memang telah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengasihi yatim piatu, seperti tuntunan Rasulullah SAW, juga InsyaAllah akan membawa keberkahan bagi semua ASN Pemerintah Kota Jambi dan masyarakat Kota Jambi," beber Wali Kota Fasha.

Lebih lanjut, dalam sambutannya Wali Kota Jambi dua periode itu menyampaikan bahwa semarak Muharram di Kota Jambi tidak hanya dirayakan dengan tabligh akbar, namun juga disemarakkan dengan rangkaian Festival Rebana dan Qasidah, serta Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Kota Jambi.

Selain itu, malam tabligh akbar juga menjadi ruang apresiasi bagi ketokohan seorang Wali Kota Jambi yang telah sukses menginisiasi hafizh/hafidzah di Kota Jambi yang diangkat menjadi Guru Tahfidzh di seluruh sekolah negeri dan swasta di Kota Jambi. Malam tersebut Wali Kota Fasha secara langsung menerima piagam penghargaan dari Majelis Ulama Indonesia Kota Jambi. Piagam Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua MUI Kota Jambi Drs. H. Tarmizi Sibawaihi, M.Hi.

Pada kesempatan itu pula, Wali Kota Fasha mengapresiasi penghargaan yang diserahkan oleh MUI Kota Jambi kepada dirinya.

"Kami tidak menyangka MUI Kota Jambi mengapresiasi langkah kami mengangkat hafidz Quran menjadi guru tahfidz, yang saat ini berjumlah sebanyak 180 orang, tersebar di seluruh sekolah. InsyaAllah akan kami memberantas buta aksara Quran di Kota Jambi. Kedepan akan kami wisuda tahfidz 500 hingga 1000 anak sekolah di Kota Jambi," ungkapnya.

Wali Kota Jambi itu juga mengajak seluruh jamaah untuk memanfaatkan momentum pergantian tahun Islam menjadi ruang untuk muhasabah dan introspeksi diri sejauh mana perubahan, peningkatan dan perbaikan Islami telah terjadi dalam diri, baik sebagai individu, kelompok, maupun dalam bermasyarakat.

Sementara itu, Ustadz Das'ad Latif asal Makassar yang menyampaikan hikmah Muharram dalam acara itu disambut hangat dan meriah oleh jamaah. Ustadz Das'ad Latif dengan gayanya yang khas itu banyak menyampaikan makna hijrah dalam dalam tahun baru Islam.

“Marilah kita maknai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah ini sebagai momen untuk berhijrah kepada hal yang lebih baik kedepannya, artinya hijrah kepada sosok yang lebih baik yaitu sosok yang menjadi individu yang tidak hanya baik secara pribadi tapi juga memiliki kepekaan sosial terhadap sesama,” jelas ustadz yang dikenal mampu mengocok perut jamaahnya dalam menyampaikan tausiah.

Di akhir ceramahnya, Ustadz Das’ad mengingatkan bahwa hidup manusia di dunia ini penuh dengan rintangan ujian dan cobaan, demikian pula kehidupan pada suatu daerah.

“Semoga Allah selalu memberikan yang terbaik kepada segenap Masyarakat Kota Jambi dan juga kebaikan serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya untuk dapat hidup aman, damai, sejahtera dibawah ridha Illahi,” ucapnya.

Ustadz Das'ad Latif juga mengapresiasi secara khusus santunan yatim yang telah diinisiasi Wali Kota Syarif Fasha dan telah menjadi rutinitas setiap bulan Muharram di jajaran Pemerintah Kota Jambi.

"Kita bersyukur, bahwa santunan yatim piatu ini telah menjadi rutinitas disini. InsyaAllah, Allah akan angkat derajat beliau dihadapan Allah karena rajin bersedekah. Ingatlah, tidak ada orang yang susah atau bangkrut karena bersedekah, bahkan Ia akan mendapat perlindungan Allah SWT, karena bersedekah bisa mencegah terjadinya musibah," pesan Ustadz Das'ad Latif.

Tabligh Akbar yang berlangsung khidmat tersebut, turut pula dihadiri oleh Wakil Wali Kota Jambi, Maulana unsur Forkompimda Kota Jambi, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Jambi, Kakan Kemenag Kota Jambi, Ketua MUI Kota Jambi, Ketua Baznas Kota Jambi, Sekda Kota Jambi, Ketua TP PKK Kota Jambi, serta jajaran pejabat dan ASN Pemkot Jambi.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6070 seconds (0.1#10.140)