Terdampar di Pantai Klatak, Seekor Lumba-Lumba Diselamatkan Serda Muhtar

Rabu, 04 September 2019 - 07:45 WIB
Terdampar di Pantai Klatak, Seekor Lumba-Lumba Diselamatkan Serda Muhtar
Terdampar di Pantai Klatak, Seekor Lumba-Lumba Diselamatkan Serda Muhtar
A A A
TULUNGAGUNG - Seekor lumba-lumba terdampar di Pantai Klatak, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, pada Minggu 1 September 2019. Lumba-lumba tersebut diselamatkan Serda Muhtar, anggota Provoost Kodim 0807/Tulungagung, dengan melepaskan kembali ke laut.

"Anggota kami Serda Muhtar melakukan penyelamatan lumba-lumba yang terdampar di Pantai Klatak," ungkap Dandim 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar SIP dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Rabu (4/9/2019).

Letkol Inf Wildan Bahtiar SIP selaku komandan satuan sangat mengapresiasi tindakan Serda Muhtar yang sigap menyelamatkan lumba-lumba yang terdampar. Tindakan tersebut mencerminkan rasa kepedulian tinggi seorang prajurit terhadap lingkungan, terutama terhadap makhluk hidup seperti lumba-lumba.

"Saya mengapresiasi tindakan yang dilakukan Serda Muhtar yang mencerminkan dedikasinya dalam pada penyelamatan lingkungan. Manakala itu di lingkungan ada terjadi hal-hal yang menonjol seperti itu dia menunjukkan jiwa kepeduliannya," ungkap Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Serda Muhtar mengaku, secara spontan melakukan hal tersebut saat melihat lumba-lumba yang terdampar di pantai. Ketika itu dia dan keluarga sedang menikmati liburan di Pantai Klatak usai melaksanakan pengamanan kegiatan Sedekah Bumi di Pantai Gemah pukul 14.00 WIB.

"Saya datang di Pantai Klatak, lihat pantai agak surut, saya duduk-duduk di batu karang. Beberapa menit kemudian ada ombak datang dan saya terkejut ada ikan besar di depan saya. Saya dekati ternyata lumba-lumba," ungkap Serda Muhtar.

Dia menyebutkan, lumba-lumba adalah satwa yang harus tetap hidup sehingga perlu dikembalikan ke habitatnya yaitu di laut. Saat proses pengembalian ikan lumba-lumba tersebut ke laut, dilakukan tiga kali. Di kedua kali percobaan pengembalian yang dilakukan, ikan kembali ke tepi pantai.

Percobaan pengembalian yang ketiga, ikan lumba-lumba tersebut dapat kembali ke habitatnya di laut lepas, karena ditunggu hingga satu jam ikan tidak kembali ke tepi pantai lagi. Serda Muhtar mengatakan, dirinya juga dibantu warga saat mengangkat lumba-lumba yang terdampar tersebut hingga kembali berenang di laut.

"Langsung saat itu saya masih pakaian dinas berusaha memasukkan ke dalam laut sampai tiga kali baru bisa selamat, ya mungkin kurang dalam. Karena melihat dua kali saya menolong, warga yang melihat ikut membantu mengangkat . Akhirnya sampai pada kedalaman di atas pinggang baru ikan itu bisa masuk ke laut," tambah Serda Muhtar.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5362 seconds (0.1#10.140)