250 Karikatur Dipamerkan Kartunis Kokkang di Kendal

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 16:11 WIB
250 Karikatur Dipamerkan Kartunis Kokkang di Kendal
250 Karikatur Dipamerkan Kartunis Kokkang di Kendal
A A A
KENDAL - Ratusan karya ditampilkan dalam pameran karikatur bertajuk Merajut Indonesia yang digelar di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (10/8/2019).

Sebanyak 40 kartunis yang tergabung dalam Kelompok Kartunis Kaliwungu (Kokkang) menuangkan ide merajut Indonesia melalui karya seni.

Di antaranya karikatur Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, yang menggambarkan pentingnya persatuan dan memberikan semangat untuk membangun Indonesia tanpa perbedaan.

Sedangkan karikatur lainnya berisi pesan untuk menangkal berita hoaks dan antikorupsi.
250 Karikatur Dipamerkan Kartunis Kokkang di Kendal

Karikatur karya Kokkang ini dipamerkan di Tirto Arum Baru Kendal. Salah satu pengunjung dari Grobogan, Sri Sarwo Utomo mengaku kagum dengan karya kartunis Kaliwungu ini.

“Pesan yang disampaikan dalam kartun dan karikatur ini penuh makna dan mengajak seluruh elemen bangsa kembali merajut indonesia dalam wadah persatuan dan kesatuan,” katanya.

Ketua Pameran Kartun Nasional Kokkang, Agus Widodo mengaku sengaja memilih tema Merajut Indonesia karena melihat situasi politik dan sosial yang penuh konflik.

“Dari sinilah muncul gagasan untuk kembali menyatukan bangsa melalui karya kartun,” ujarnya.

Setidaknya ada 250 karikatur yang dipamerkan. Karya tersebut dibuat oleh kartunis Kaliwungu yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

Deputi Empat bidang Komunikasi Politik dan Desiminasi Informasi/ Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo mengapresiasi pameran karikatur ini.

Menurutnya tema Merajut Indonesia merespon situasi yang berkembang saat Pemilu dan banyaknya ujaran kebencian dan hoaks.

“Kritikan lewat kartun lebih mudah dipahami karena juga ada lelucon yang disampaikan namun tetap memberikan masukan yang baik,” sebutnya.

Selain menggelar pameran kartun nasional, kartunis Kokkang juga meluncurkan majalah kartun Tawa Nusantara.

Melalui pameran kartun ini, Kokkang bertekad untuk terus berkreasi menyongsong perubahan zaman.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5495 seconds (0.1#10.140)