Satgas Karhutla Sumsel Berhasil Padamkan Api di Ruas Tol Palindra

Kamis, 08 Agustus 2019 - 11:14 WIB
Satgas Karhutla Sumsel Berhasil Padamkan Api di Ruas Tol Palindra
Satgas Karhutla Sumsel Berhasil Padamkan Api di Ruas Tol Palindra
A A A
PALEMBANG - Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Dharmawan mengatakan, kebakaran hutan dan lahan di ruas Tol Palembang-Indralaya (Palindra) KM 13, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, sudah hampir padam total. Tim Darat Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD, dan masyarakat memadamkan sisa api di lahan gambut yang masih mengeluarkan asap tipis.

"Dari hasil laporan yang diterima, sudah tidak ada lagi ditemukan kobaran api di lokasi tersebut. Beberapa titik asap putih memang masih ada, tapi sudah sedikit," ungkap Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Dharmawan dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Kamis (8/8/2019).

Menurut Kapendam, sebaran titik api karhutla bisa dipadamkan karena kurangnya embusan angin dan berkat upaya seluruh petugas gabungan. Dia berharap, kondisi saat ini dapat dipertahankan dan tidak ada lagi kobaran api di lokasi tersebut.

Selain itu, pihaknya juga mengaku sudah mendapat instruksi dari Pangdam Sriwijaya untuk mengantisipasi terjadinya kembali Karhutla. Sementara itu, Tim Satgas Karhutla juga, masih berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran lahan di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI).

"Tim Satgas Karhutla terus mendatangkan peralatan, terutama mesin pompa air dan penambahan panjang selang untuk menjangkau kawasan kebakaran di lahan gambut itu, "jelasnya.

Proses pemadaman terkendala kondisi alam yang merupakan lahan gambut. Bahkan hingga Sore harinya, pemadaman juga dilakukan dengan bantuan tiga unit helikopter Water Bombing. Sedangkan alat berat diturunkan untuk pembuatan sekat kanal karena cukup efektif memutus pergerakan api.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1877 seconds (0.1#10.140)