UNS Berhasil Kembangkan Padi Hitam Cempo Ireng

Kamis, 01 Agustus 2019 - 20:00 WIB
A A A
Kegiatan menanam, merawat, mengambil data sampel, menghitung bulir, menimbang harus dilakukan dengan teliti sehingga benih unggul dapat ditentukan dengan tepat.

Para dosen dan mahasiswa baik dari fakultas pertanian maupun fakultas MIPA UNS, diharuskan melengkapi data penelitian beras hitam sebagai data ilmiah pendukung.

Kajian berlatar belakang kimia dan biologi terhadap kandungan antosianin, morfologi, dan fisiologi, uji cekaman kekeringan, dilakukan dan hasilnya menunjukkan sifat unggul dari beras hitam hasil pemuliaan. (Baca juga: Bulog-UNS Jalin Kerja Sama Pengembangan Pangan di Surakarta)

Saat ini sudah diperoleh 6 Galur Harapan yang siap diuji ketahanan hama dan penyakitnya, ketahanan terhadap musim dan lokasi penanaman, serta uji daya hasil.

Uji ini harus dilakukan di laboratorium berkompeten yakni di Balai Padi Sukamandi Jawa Barat.

Hal ini merupakan langkah berat dengan biaya yang cukup mahal. Setelah serangkaian hasil uji diperoleh maka siap didaftarkan di Departemen Pertanian untuk dikeluarkan sertifikat sebagai benih unggul.

Dukungan dari pemegang kebijakan dari UNS sangat diharapkan untuk mendukung tim mencapai cita-cita besar melepaskan varietas baru padi hitam.
(shf)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1456 seconds (11.252#12.26)