Kesal, Warga Tutup Akses Jalan ke Wisata Gunung Bromo

Rabu, 31 Juli 2019 - 16:06 WIB
Kesal, Warga Tutup Akses Jalan ke Wisata Gunung Bromo
Kesal, Warga Tutup Akses Jalan ke Wisata Gunung Bromo
A A A
PASURUAN - Sejumlah warga nekat menutup akses jalan ke jalur wisata Gunung Bromo di Desa Semut, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (31/76/2019).

Aksi ini dipicu kekesalan masyarakat lantaran jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki.

Kerusakan jalan tersebut disebabkan oleh truk perusahaan tambang galian C yang melintas dengan tonase melebihi batas.

Warga menuntut perusahaan segera memperbaiki jalan agar tidak lagi ada korban kecelakaan.

Akibat aksi penutupan jalan ini, sejumlah sopir dump truck terpaksa membuang muatan tanah di jalur pariwisata menuju wisata petik durian Bhakti Alam hingga Nongkojajar, Rabu (31/7/2019).

Selanjutnya para pengunjuk rasa tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Jalan menanamkan pohon pisang di atas gundukan tanah buangan dump truck.

Mereka juga membentangkan poster bertuliskan protes kerusakan jalur wisata karena tak jarang terjadi kecelakaan kendaraan doa dua.

Koordinator Aksi Demo M Yusup menjelaskan, ada beberapa titik aspal mengelupas dan bergelombang di sepanjang jalur menuju wisata Bromo.

Jalur wisata ini dilintasi 7 perusahaan eskploitasi penambangan pasir dan batu (sirtu) mulai pagi hingga sore hari dengan tonase muatan berat.

Meski demikian, belum ada upaya untuk perbaikan ruas jalan. Warga berharap agar permasalahan ini segera ditangani untuk menekan angka kecelakaan.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4527 seconds (0.1#10.140)