Dua Maskapai Tambah Rute Penerbangan di Bandara Baru Yogyakarta

Rabu, 10 Juli 2019 - 21:14 WIB
Dua Maskapai Tambah Rute Penerbangan di Bandara Baru Yogyakarta
Dua Maskapai Tambah Rute Penerbangan di Bandara Baru Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Rute penerbangan yang beroperasi di Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Internasional Yogyakarta yang ada di Kulonprogo semakin bertambah.

Pertengahan Juli 2019 ini rencananya ada dua maskapai yang akan membuka rute baru di YIA.

Batik air akan menambah satu rute penerbangan ke Bali, setelah sebelumnya melayani YIA-Palangkaraya, YIA-Samarinda dan YIA-Jakarta dua kali dalam setiap harinya. Semua rute yang ada dilayani dengan pulang pergi.

Sementara Air Asia akan membuka rute penerbangan perdana dari YIA ke Lombok. “Pekan depan akan ada dua rute baru lagi, Batik menambah ke Denpasar, dan Air Asia akan membuka penerbangan perdana ke Lombok,” ungkap Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM Bandara YIA Agus Pandu Purnama, Rabu (10/7/2019).

Dua rute ini sebelumnya sudah ada di bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Namun dengan harga dari YIA yang lebih murah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penumpang untuk memilih penerbangan di YIA.

Apalagi bandara YIA, banyak diminati penumpang untuk tujuan DIY dan Jawa Tengah bagian Selatan, seperti Purworejo, Kebumen, Cilacap, Temanggung dan Banjarnegara.

Mulai Oktober mendatang, YIA juga akan mendapatkan pelimpahan rute penerbangan yang selama ini ada di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Setidaknya ada 65 penerbangan yang akan dipindah, ketika YIA nanti sudah beroperasi penuh.

Pandu menambahkan, load factor penumpang di YIA semenjak dioperasionalkan pada 6 Mei 2019 cukup bagus. Untuk rute ke Palangkaraya dan Samarinda ataupun sebaliknya mencapai 65%. Hanya untuk penerbangan YIA-Jakarta dan sebaliknya yang kurang bagus, baru sekitar 50%. "Banyak penumpang masih memilih untuk turun di Adisutjpto," katanya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5864 seconds (0.1#10.140)