Arca Ganesha Diduga Peninggalan Kerajaan Kahuripan Ditemukan Warga Kediri

Senin, 17 Juni 2019 - 20:54 WIB
Arca Ganesha Diduga Peninggalan Kerajaan Kahuripan Ditemukan Warga Kediri
Arca Ganesha Diduga Peninggalan Kerajaan Kahuripan Ditemukan Warga Kediri
A A A
KEDIRI - Sebuah arca berbentuk Ganesha ditemukan warga di Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Arca tersebut kali pertama ditemukan ketika seorang warga yang sedang menggali tanah untuk septic tank.Sehingga lokasi pembangunan rumah di Desa Krenceng Kecamatan Kepung tersebut ramai dipenuhi warga untuk menyaksikan arca berbentuk Dewa Ganesha yang ditemukan.

Nur Syamsu pemilik lahan mengatakan, tukang bangunannya tidak sengaja menemukan arca setinggi 33 centimeter lebar 19 centimeter dan tebal 13 centimeter dalam kondisi terpendam tanah sedalam 1 meter 40 centimeter.

“Selanjutnya penemuan tersebut dilaporkan ke perangkat desa dan dipasang garis polisi oleh petugas Polsek Kepung sebelumnya di kawasan tersebut belum pernah ditemukan benda serupa arca,” kata Nur Syamsu, Senin (17/6/2019).

Sementara itu Kasi Museum dan Purbakala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri Eko Priatno mengatakan, atas temuan arca tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Pelestari Cagar Budaya Trowulan dan saat ini telah melakukan pengamanan sebagai langkah awal.

“Dari hasil pemeriksaan sementara arca berbentuk Ganesha tersebut memang asli dan diduga berasal dari abad 10 sampai 12 atau era Kerajaan Kahuripan dan Kerajaan Kediri dan arca tersebut berada di bawah struktur batu bata,” kata dia.

Dalam waktu dekat Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri bersama BPCB Trowulan akan melakukan penelitian untuk memastikan apakah Arca Ganesha betul peninggalan sejarah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4702 seconds (0.1#10.140)