Antisipasi Mongkeypox, 4 Pintu Masuk dari Singapura ke Batam Dipasang Thermo Scener

Selasa, 14 Mei 2019 - 18:20 WIB
Antisipasi Mongkeypox, 4 Pintu Masuk dari Singapura ke Batam Dipasang Thermo Scener
Antisipasi Mongkeypox, 4 Pintu Masuk dari Singapura ke Batam Dipasang Thermo Scener
A A A
BATAM - Meski penyakit cacar monyet atau mongkeypox yang ditemukan di Singapura hingga saat ini belum ada laporan adanya warga Batam yang terjangkit penyakit tersebut. Saat ini ada empat pintu masuk di kedatangan luar negeri di Batam yang sudah dipasang alat thermo scener atau pemindai suhu tubuh.

Alat tersebut dipasang Dinas Kesehatan Batam bersama Kementerian Kesehatan guna mengantisipasi masuknya wabah penyakit cacar monyet atau monkeypox ke Batam.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Batam Yantri Wirmansyah mengatakan, dari laporan terbaru pihak Kementerian Kesehatan belum ditemukan suspect atau warga yang dicurigai terjangkit penyakit cacar monyet yang masuk ke Batam melalui empat Pelabuhan Internasional di Batam.

“Bahkan dari pihak puskesmas maupun rumah sakit di Batam juga belum ada laporan terkait penyakit tersebut menyerang warga Batam. Artinya hingga saat ini Batam masih terbilang aman untuk penyakit cacar monyet,” katanya, Selasa (14/5/2019).

Seperti diketahui, gejala virus Mongkeypox mulai timbul 14-21 hari sejak pertama kali terinfeksi virus Monkeypox dengan gejala demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), sakit punggung, mialgia (nyeri otot), dan asthenia (kekurangan energi). Ruam kulit muncul mulai di wajah dan kemudian menyebar di tempat lain di tubuh.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8190 seconds (0.1#10.140)