Mahasiswa Manokwari Tuntut Pendidikan Gratis di Papua

Kamis, 02 Mei 2019 - 18:36 WIB
Mahasiswa Manokwari...
Mahasiswa Manokwari Tuntut Pendidikan Gratis di Papua
A A A
MANOKWARI - Hari Pendidikan Nasional diperingati serempak di seluruh Indonesia, Kamis (2/5/2019). Peringatan Hardiknas di Manokwari, Papua Barat, diwarnai unjuk rasa ke sekretariat Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papu Barat.

Puluhan mahasiswa dimotori Komite Forum Independen Kota Manokwari West Papua, menggelar long march dari Kampus Unipa. Mereka membawa spanduk dan famplet berisi berbagai aspirasi terkait dunia pendidikan di Tanah Papua. Selain mahasiswa, aksi ini juga diikuti sejumlah anak kecil. Beberapa diantaranya mengenakan seragam SD dan ikut memegang famplet.

Kordinator aksi, Fredi Yeimo mengatakan tuntutan utama adalah pendidikan gratis dan desakan penghentian militerisasi pendidikan di Papua. "Tuntutan pendidikan gratis untuk orang aslu papua berdasarkan UUD 1945, dimana mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan termasuk orang asli Papua," tegasnya.

Ia menilai kondisi pendidikan di Tanah Papua, khususnya di daerah pinggiran masih memprihatinkan dan membutuhkan penanganan lebih serius dari pemerintah baik pusat dan daerah.

Peserta aksi lain, Maria Amianer mengaku banyak rekan-rekannya yang belum menikmati pendidikan karena terkendala biaya yang cukup mahal.
Anggota Pokja Agama MRP Papua Barat, Robert Morin, siap meneruskan aspirasi kepada unsur pimpinan MRP Papua Barat. Aksi ini berjalan aman dan lancar dengan pengamanan ketat aparat Dalmas Polres Manokwari dan Brimob Polda Papua Barat.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)