Jelang Pilpres, KPU Tanjungpinang Simulasikan Pencoblosan Pemilu 2019

Rabu, 03 April 2019 - 13:22 WIB
Jelang Pilpres, KPU Tanjungpinang Simulasikan Pencoblosan Pemilu 2019
Jelang Pilpres, KPU Tanjungpinang Simulasikan Pencoblosan Pemilu 2019
A A A
TANJUNGPINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menggelar simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil suara Pemilu 2019 di tempat pemungutan suara (TPS) 22, Kelurahan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Kepulaun Riau, Rabu (3/4/2019).

Simulasi ini didiikuti 276 orang yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) TPS 22. Simulasi ini sekaligus mengukur kesiapan petugas penyelenggara, pengawas dan pengamanan dalam pelaksanan pemungutan suara di TPS pada 17 April mendatang.

"Simulasi pungut hitung ini bagian sosialisasi kepada masyarakat, simulasi ini dilaksanakan seasli mungkin, tadi pagi kita mulai dari penyerahan sampai proses penghitungan nanti," kata Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution di TPS 22, lapangan sepak bola hutan lindung Tanjungpinang di lokasi.

Aswin mengatakan, simulasi ini bagian dari bimbingan teknis (Bimtek) langsung di lapangan bagi panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) se-Tanjungpinang.

Selanjutnya, pembelajaran bagi peserta pemilu partai politik pemilu, perwakilan DPD dan Capres-Cawapres 01 dan 02. "Harapan kita simulasi ini sebagai gambaran proses pada hari pencoblosan nanti," kata dia.

Untuk pemilihan lokasi simulasi ini, kata Aswin, telah disepakati berdasarkan hasil rapat bersama. Alasannya, salah satu melihat dari data yang lalu bawah partisipasi pemilih di TPS 22 tidak unggul dari daerah lain. "Makanya kita putuskan di sini supaya partisipasi di sini bisa meningkat. Untuk lokasi sebenarnya tidak jadi persoalan di mana pun lokasinya," katanya.

Dikatakannya, terkait distribusi logistik Pemilu 2019 akan didistribusikan pada H-3 ke KPPS dam H-1 baru ke TPS. Sementara jumlah pemilih di Tanjungpinang berdasarkan rekapitulasi penetapan daftar pemilih hasil perbaikan (DPSHP) tahap III dengan total 151.382 pemilih. "Jumlah itu diperoleh setelah dimasukkan rekomendasi DPK 310 jadi DPT dari Bawaslu," ujarnya.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini mengatakan, pengawas turut melakukan pengawasan dalam pelaksanaan simulasi pemungutan suara di TPS. Menurut dia, simulasi ini sudah terlaksana dengan baik. Namun, ada beberapa persoalan teknis yang dilihat kurang baik, misalnya bilik suara yang agak rapat, seharusnya bilik suara itu agak renggang sehingga tidak mempengaruhi pilihan para pemilih. Kemudian, ketinggian kotak suara yang standarnya antara 70 centimeter (cm) sampai 100 cm.

"Hanya saja kita mengamati dan mengevaluasi berbagai perbaikan dan penyempurnaannya. Bilik suara sudah standar, tapi jaraknya saja. Kotak suaranya terlalu tinggi tadi, kalau terlalu tinggi nanti pemilih sulit memasukkan suaranya," kata Zaini.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi menlai kegiatan simulasi sangat positif. Sebab, sosilisasi ini akan baik bagi penyelenggara KPU dan jajarannya, Bawaslu dan jajaranya, begitu juga dengan petugas pengamanan di TPS dan peserta pemilu. Menurut dia, kegiatan ini untuk menambah informasi dan pengetahuan peran dan tugas, serta hak dan kewajiban bagi yang terlibat dalam Pemilu 2019.

"Kita membantu penyelenggaran tugas pengamanan. Kita yakin membantu jalannya pemungutan suara di TPS berjalan aman dan lancar. Kalau kita amati rata-rata setiap orang makan waktu 5 menit," kata Ucok.

Untuk pengamanan pemungutan suara, Ucok menjelaskan, sebanyak 318 orang personel Polres Tanjungpinang akan diterjunkan untuk mengawasi 567 TPS, diperbantukan dari Brimob Polda Kepri, Dir Shabara Polda Kepri dan satuan TNI. Dalam pengamanan ini akan mengenatisipasi segala bentuk kontigensi yang dapat mengancam stabilitas keamanan.

"Nanti satu personel akan menjaga dua atau tiga TPS. Dengan perencanaan yang matang, kita yakin pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar di Tanjungpinang," tutup Ucok. muhammad bunga ashab

Caption Foto: Pemilih memasukkan suaranya dalam simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil suara Pemilu 2019 di tempat pemungutan suara (TPS) 22, Kelurahan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Kepulaun Riau.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8321 seconds (0.1#10.140)