Keterlambatan Login Tak Pengaruhi UNBK

Senin, 25 Maret 2019 - 16:32 WIB
Keterlambatan Login Tak Pengaruhi UNBK
Keterlambatan Login Tak Pengaruhi UNBK
A A A
SLEMAN - Keterlambatan login (lock jam) ke sistem komputerisasi saat ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMK pada hari pertama, Senin (25/3/2019), tidak akan berpengaruh terhadap agenda ujian nasional yang sudah ditetapkan. Sebab, saat mencoba masuk waktunya bersamaan dengan seluruh peserta UNBK di Indonesia, sehingga butuh waktu antara 5-10 menit untuk membukanya.

“Selain itu, ada tambahan waktu yang sama saat sesuai dengan keterlambatan login ke sistem. Biasanya, sudah tidak akan lockjam untuk hari yang kedua," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy seusai membuka pelatihan pengawas sekolah di pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan (P4TK) Matematika, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, Senin (25/3/2019).

Muhadjir meyakini UNBK ini, bukan hanya akan meningkatkan kualitas pendidikan, juga menekan adanya kecurangan dan ketidakjujuran yang sistematik. Apalagi penerapan komputerisasi sudah secara massif dan waktu pelaksanannya tidak bersamaan atau bergelombang dengan soal satu dengan lain berbeda.

Dengan perubahaan ini, ujian nasional memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. "Ini yang kami prioritaskan yakni kejujuran dan setelah itu baru aspek hasil ujian nasional,” terangnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Depok, Suprapto mengatakan, secara umum UNBK di sekolahnya lancar dan tidak ada masalah. Untuk keterlambatan log ini sendiri lebih karena token yang dipakai untuk membuka soal dari pusat belum dikirim. Di SMKN 1 Depok Sleman ada tiga sesi ujian nasional, yaitu pukul 08.00-10.00 WIB, pukul 10.30-13.00 WIB, dan 14.00-16.00 WIB dengan peserta 280 siswa.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8822 seconds (0.1#10.140)