Pasca-Banjir Ngawi, Warga Gatal-gatal dan Butuh Air Bersih

Minggu, 10 Maret 2019 - 00:28 WIB
Pasca-Banjir Ngawi, Warga Gatal-gatal dan Butuh Air Bersih
Pasca-Banjir Ngawi, Warga Gatal-gatal dan Butuh Air Bersih
A A A
NGAWI - Setelah dilanda banjir selama tiga hari akibat luapan Sungai Madiun di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, kini sudah mulai surut dan meninggalkan lumpur di pemukiman warga serta fasilitas umum.

Warga juga sudah mulai melakukan pembersihan di rumah masing masing. Namun setelah banjir ini, warga diserang penyakit gatal-gatal, masuk angin, dan kesulitan air bersih.

Meskipun di beberapa ruas jalan masih nampak genangan air, namun kondisinya sudah bisa dilalui oleh para pengguna jalan, dan arus lalu lintas normal kembali.

Seperti di Desa Kersikan dan Dempel, Kecamatan Geneng. Beberpa fasilitas umum sudah mulai dibersihkan oleh pengelolanya, seperti sekolah, balai desa dan lainmya.

Selain mengeringkan perlengkapan sekolah yang basah karena terendam air, lumpur juga memenuhi semua ruangan sekolah. Di tempat lain warga mengantri untuk mendapatkan air bersih dari truk tangki air yang akan digunakan keperluan konsumsi sehari-hari.

Hal itu lantaran air sumur dan tanah masih dalam kondisi keruh. Beberapa desa yang terdekat dengan aliran Sungai Madiun, kebutuhan air bersih sangat diperlukan karena sumber air dari sumur masih dalam kondisi kotor.

Sedangkan pompa air rumah tangga masih dalam kondisi mati dan rusak akibat terendam air. Sebagian warga juga mendatangi pos pos kesehatan untuk mendapatkan obat akibat ganguan pencernaan dan kesehatan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)