Wujudkan Kemandirian Energi, Dodi Reza Kebut Bangun PLTG dan Pabrik LPG

Kamis, 07 Maret 2019 - 14:15 WIB
Wujudkan Kemandirian Energi, Dodi Reza Kebut Bangun PLTG dan Pabrik LPG
Wujudkan Kemandirian Energi, Dodi Reza Kebut Bangun PLTG dan Pabrik LPG
A A A
JAKARTA - Mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi di Kabupaten Musi Banyuasin, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengebut proses rencana realisasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) dan pembangunan pabrik LPG di Bumi Serasan Sekate.

“Gas di Muba ini sangat feasible dan impor LPG untuk kebutuhan dalam negeri sangat luar biasa. Makanya kami ingin di Muba ini punya PLTG dan Pabrik LPG sendiri yang pasokannya nanti berasal dari Jambi Merang dan ini bagian untuk mewujudkan kemandirian energi," ungkap Bupati Musi Banyuasin saat audiensi dengan Direksi PT Pertamina (Persero) di Gedung Kwarnas Pramuka Gambir Lantai 7 Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

Dikatakan Dodi, pengelolaan pabrik LPG di Muba nantinya akan dikelola oleh BUMD Muba dalam hal ini PT Petro Muba dan pada saat proses pembangunan kilang LPG ini akan dihandle dengan proses joint venture antara PT Taruko Energi dan PT Petro Muba.

"Jika ketersediaan gas sudah ada dan diberikan Pertamina, Pemkab Muba akan segera action," tegasnya.

Sementara itu, Direksi PT Pertamina (Persero) yang dalam kesempatan tersebut diwakili SPV Gas dan Power PT Pertamina (Persero), Tanudji Darmasakti didampingi Officer Marketing PT Pertamina (Persero), Arina menyebutkan pihaknya sangat menyambut baik rencana Bupati Muba Dodi Reza untuk membangun kilang pabrik PLG di Muba.

"Terlebih pak Bupati ini sangat serius untuk merealisasikan pembangunan kilang LPG ini, kami tentu sangat mengapresasi dan menyambut baik hal ini," ucapnya.

Ia menambahkan, langkah Bupati Muba tersebut juga merupakan untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi dan tentunya harus mendapatkan support. "Ini juga memberikan efek sosial yang positif kepada masyarakat sekitar," tuturnya.

Direktur PT Petro Muba, Yuliar SE menyebutkan alokasi gas nantinya yang akan di support ke pabrik kilang LPG Muba sekitar 5 MM yang nantinya akan menghasilkan 250-300 ton per-hari. "Gas inilah nantinya yang akan disuplai ke masyarakat Muba untuk kebutuhan rumah tangga, jadi intinya dari Muba untuk Muba," ulasnya.

Yuliar menambahkan, keberadaan rencana pembangunan pabrik kilang LPG nantinya akan berada dekat dengan sumber gas yakni di Jambi Merang. "Supaya prosesnya lancar," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Muba turut didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Yusman Srianto MT, Kepala Bappeda Ir Zulfakar, Kabag Humas Pemkab Muba Herryandi Sinulingga AP, dan Plt Kabag Protokol Rangga Perdana Putra SSTP MSi. Selain itu, turut hadir juga Direktur Utama PT Taruko Energi Maman Malik, Direktur PT Taruko Muba Energi, Bambang Juniarto.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4687 seconds (0.1#10.140)