Perangi Berita Hoax Polisi Gandeng Santri di Sejumlah Pesantren

Kamis, 14 Februari 2019 - 15:20 WIB
Perangi Berita Hoax Polisi Gandeng Santri di Sejumlah Pesantren
Perangi Berita Hoax Polisi Gandeng Santri di Sejumlah Pesantren
A A A
SRAGEN - Menjelang pilpres Mabes Polri memberi penyuluhan berita hoax di sejumlah pondok pesantren di Sragen, Jawa Tengah. Acara dimulai Rabu siang 13 Februari 2019 kemarin. Penyuluhan atau sosialisasi ini diharapkan agar para santri tidak mudah terhasut oleh berita-berita atau kabar yang tidak pasti yang berdampak meresahkan masyarakat khususnya para santri di Sragen.

Dengan menggandeng kiai dan santri petugas dari Mabes Polri ini mengajak memerangi berita-berita dari orang yang tak bertanggung jawab yang tidak jelas dari mana sumbernya alias berita hoax. Sosialisasi tersebut salah satunya dilakukan di Pondok Pesantren An-Najah, Gondang, Sragen, Jawa Tengah.

Dijelaskan oleh petugas dari Mabes Polri berita yang bisa dipertanggungjawabkan adalah berita yang telah dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah, dari kepolisian, dari tni atau dari dinas terkait atau dari media massa main stream.

"Sedang berita yang sumbernya tidak jelas tidak boleh dipercaya apalagi kita ikut-ikutan memposting itu sangat riskan sekali bahkan kita bisa terjerat Undang-Undang ITE," ungkap petugas tersebut.

Pimpinan Ponpes An Najah Kh Minanul Azis menjelaskan, pihaknya sangat mendukung sekali program yang diselenggarakan oleh Mabes Polri dengan program tersebut para santrinya bisa bertambah wawasan dan bisa membedakan mana berita yang hoax dan mana berita yang bisa dipercaya.

Sementara penyuluhan dan sosialisasi berita hoax tersebut akan dilaksanakan di sejumlah pondok pesantren di Sragen. Dengan penyuluhan tersebut masyarakat Sragen khususnya para santri benar-benar faham berita atau kabar yang sebenarnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3986 seconds (0.1#10.140)