Misteri Kemunculan Goresan Sisik Naga di Pura Besakih

Rabu, 23 Januari 2019 - 15:01 WIB
Misteri Kemunculan Goresan Sisik Naga di Pura Besakih
Misteri Kemunculan Goresan Sisik Naga di Pura Besakih
A A A
KARANGASEM - Umat Hindu di Bali sejak beberapa hari terakhir dihebohkan dengan munculnya goresan sisik naga di salah satu bangunan suci Meru Tumpang Sebelas Pura Penataran Agung Besakih, Kecamatan Rendang Karangasem. Kemunculan fenomena sosok sisik naga yang terjadi secara tiba-tiba tersebut diyakini sebagai penjaga keseimbangan alam menjelang pelaksanaan Karya Agung Panca Wali Krama dan Ida Betara Turun Kabeh di pura terbesar di Bali ini.

Goresan sisik yang sebagian ada yang menyerupai ekor hingga kepala naga ini merata muncul di sekeliling bangunan yang diyakini sebagai tempat Bestananya Hyang Wisesa.

Fenomena ini pertama kali diketahui oleh umat setelah bangunan suci tersebut dilakukan ritual Pemelaspasan atau pembersihan suci pasca atapnya direnovasi pada Minggu 20 Januari 2019 lalu.

Karena itu hingga Rabu pagi (23/1/2019) banyak warga yang penasaran silih berganti berdatangan ke pura ini untuk melakukan persembahyangan sekaligus untuk melihat secara langsung munculnya fenomena aneh tersebut.

Bandesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha menjelaskan, kemunculan fenomena aneh di Pura Besakih sering terjadi menjelang Karya Agung Panca Walikrama yang dilaksanakan hanya 10 tahun sekali di Pura Besakih. Selain fenomena sisik naga ini tahun lalu warga Bali juga pernah dihebohkan dengan Fenomena Colek Pamor.

“Atas munculnya fenomena sisik naga tersebut diyakini merupakan sosok penjaga keseimbangaan alam semesta yang nantinya akan turun untuk menganugrahkan kemakmuran dan keselamatan sebab dalam keyakinan Hindu mengenal tiga jenis naga yang disucikan yakni Naga Ananta Boga sebagai perlambang kesuburan, Naga Taksaka sebagai perlambang keseimbangan alam dan Naga Basuki sebagai perlambang keselamatan,” katanya.

Yang pasti dengan kemunculan fenomena tersebut, kata dia, diharapkan seluruh umat selalu ingat akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dan selalu mensyukuri apa yang telah dianugerahkan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.3011 seconds (0.1#10.140)