Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Pasokan BBM Ditambah 11%

Selasa, 18 Desember 2018 - 01:32 WIB
Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Pasokan BBM Ditambah 11%
Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Pasokan BBM Ditambah 11%
A A A
SEMARANG - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dijamin aman. Bahkan, PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY membentuk satgas Natal dan Tahun Baru 2019 yang dimulai 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Beberapa program yang telah dipersiapkan Pertamina untuk memperkuat ketahanan distribusi BBM di antaranya adalah memperkuat stok BBM dan mengamankan suplai BBM di Terminal BBM. Selain itu, juga memperkuat layanan BBM di lembaga penyalur serta di tempat yang rawan kepadatan.

“Mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM selama libur Natal dan Tahun Baru 2019, kami memperkuat stok BBM di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Untuk BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series) di Jawa Tengah kami siagakan tambahan stok 11% dari rata-rata normal per hari 10.561 KL yang naik menjadi 11.754 KL,“ jelas General Manager Marketing Operation Region IV Pertamina, Tengku Fernanda, Senin (17/12/2018).

Pertamina juga menyiapkan beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM, agar mudah diakses masyarakat selama mudik dan berwisata. Setidaknya terdapat 11 titik KiosK Pertamax di ruas tol yang dilengkapi dengan mobile dispenser dan BBM Kemasan.

“Fasilitas ini akan disebar di beberapa jalur mudik regular, ruas tol serta di jalur wisata yang rawan dengan kepadatan. Sebagai contoh, untuk di wilayah ini kami menyiapkan 32 SPBU Kantong dan 23 SPPBE Kantong di jalur pemudik regular (non-tol) dan di jalur wisata. Mobile Storage/SPBU Kantong ini disiapkan guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki menuju titik lokasi SPBU untuk memenuhi kebutuhan suplai,” ungkap Unit Manager Communication & CSR MOR IV, Andar Titi Lestari.

Andar menambahkan bahwa persiapan Satgas kali ini mendapat tantangan, karena ada beberapa ruas tol yang baru difungsikan di wilayah Jawa Tengah. Sebagai informasi pada masa Natal dan Tahun Baru lalu wilayah Jawa Tengah belum memiliki ruas tol Solo – Kertosono. Tahun ini, jalur tol Pemalang – Semarang - Ngawi akan dioperasikan oleh pemerintah.

“Kami mengimbau masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat. Untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina di 1-500 000,” tutup Andar.
(pur)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1035 seconds (10.177#12.26)