Pemkab Muba dan FKG UI Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Sabtu, 15 Desember 2018 - 14:41 WIB
Pemkab Muba dan FKG UI Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis
Pemkab Muba dan FKG UI Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis
A A A
MUSI BANYUASIN - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) bekerjasama dengan Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FK UI) melaksanakan bhakti sosial operasi biir sumbing di rumah sakit umum daerah (RSUD) Sekayu, pada Sabtu hingga Senen (15-17/12/2018).

Tim yang menangani berjumlah 45 orang, juga melibatkan konsulen dari rumah sakit dalam dan luar negeri, di antaranya drg Retnowati Sp BM dari RSU Tangerang, drg Arfan Badeges Sp BM dari RSUP Persahabatan, drg Eky Nasuri Sp BM dari RSCM, dan Mr Tacau Fujchi Gami DDS PhD Kagoshima Universiti Japan.

Bhakti sosial ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS yang sekaligus mewakili Bupati Kabupaten Musi Banyiasin H Dodi Reza Alex di Aula RSUD Sekayu, Sabtu (15/12/2018).

Dia mengatakan di Kabupaten Muba kendala mengatasi pasien celah bibir dan langit-langit adalah masih langkanya SDM spesialis terkait hal tersebut. Namun RSUD Sekayu sudah siap untuk menerima tenaganya.
Pemkab Muba dan FKG UI Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Direktur RSUD Sekayu dr Makson Parulian Purba MARS menuturkan, salah satu tips untuk menghindari anak terlahir dengan bibir sumbing para orang tua dihimbau untuk mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung asam folat, tidak merokok, serta narkoba.

Guru Besar Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI Prof Dr drg Benny Sjariefsyah Latief SpBm berharap bhakti sosial itu dapat memberikan manfaat yang baik bagi tim dokter, pemerintah, dan masyarakat Muba.

Mugiono, salah satu orangtua pasien dari Kecamatan Plakat Tinggi mengucapkan terima kasih dan sangat tertolong atas kegiatan bhakti sosial operasi gratis itu, serta berharap setelah melalui tahapan operasi keadaan fisik buah hatinya membaik.

"Dengan operasi gratis ini kami merasa sangat tertolong, karena kami sendiri dari keluarga tidak mampu, terima kasih kepada Pemkab Muba dan FKG Universitas Indonesia yang telah menyelenggarakannya," ucap Mugiono.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5301 seconds (0.1#10.140)