Bawa 1.000 Aspirasi, Pemuda Blora Jalan Kaki ke Istana Temui Jokowi

Selasa, 27 November 2018 - 17:23 WIB
Bawa 1.000 Aspirasi, Pemuda Blora Jalan Kaki ke Istana Temui Jokowi
Bawa 1.000 Aspirasi, Pemuda Blora Jalan Kaki ke Istana Temui Jokowi
A A A
SEMARANG - Seorang pemuda, Lilik Yuliantoro (29), warga Desa Ketangar, Blora, Jateng, melakukan aksi jalan kaki menuju Istana Negara agar dapat menemui Presiden Joko Widodo. Dia akan menyampaikan 1.000 aspirasi masyarakat yang dikumpulkan di sepanjang jalan.

“Sampai saat ini, saya sudah menumpulkan 285 aspirasi di sepanjang perjalanan dari orang-orang yang saya temui. Mereka menulis aspirasi pada kertas yang saya bawa,” kata Lilik Yuliantoro saat ditemui di Semarang, Selasa (27/11/2018).

Dia mengaku tak membatasi aspirasi warga yang akan diadukan kepada Jokowi. Sebagian warga yang sudah menuliskan aspirasi di antaranya tentang keinginan guru honorer untuk diangkat sebagai PNS, tambahan modal bagi PKL, ketersediaan pupuk petani, hingga, warga yang ingin nikah gratis.

“Semua aspirasi silakan ditulis, seperti seputar bantuan beras untuk rakyat miskin KIP, atau yang lain. Ini ada kasus pula di Grobogan, seorang ibu punya empat anak perempuan kecil-kecil yang ditingggal suami. Dia tidak punya biaya untuk menyekolahkan anaknya," cetusnya.

Meski tercatat sebagai warga Blora, namun dia mengawali perjalanannya dari Grobogan menuju Istana Negara di Jakarta. Aksi jalan kaki tersebut diperkirakan memakan waktu 28 hari hingga Jakarta. Lilik pun optimistis bisa bertemu Jokowi.

"Saya hanya mengumpulkan aspirasi dari warga yang saya temui saat di jalan. Semoga seribu aspirasi warga bisa kami sampaikan ke Presiden. Ada teman-teman relawan Jokowi di Jakarta yang bersedia memfasilitasi pertemuan nanti," tukasnya.

Dalam aksi jalan kaki itu, Lilik membawa satu tas ransel dan bendera merah putih yang dia pasang di tongkat sepanjang 1,5 meter. Dalam tas, dia menyimpan pakaian dan berlembar-lembar kertas putih polos yang berisi aspirasi warga.

Aksi jalan kaki yang dilakukan Lilik bukan pertama kali. Pada 2014, dia pernah jalan kaki Blora-Semarang demi meminta keadilan untuk klub Persikaba Blora. Pada 2018, Lilik kembali melakukan aksi jalan kaki Blora-Semarang demi mendukung Ganjar Pranowo terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0790 seconds (0.1#10.140)