Ribuan Santri Meriahkan Malam Penutupan Kirab Satu Negeri GP Ansor

Jum'at, 26 Oktober 2018 - 22:43 WIB
Ribuan Santri Meriahkan Malam Penutupan Kirab Satu Negeri GP Ansor
Ribuan Santri Meriahkan Malam Penutupan Kirab Satu Negeri GP Ansor
A A A
SLEMAN - Ribuan santri memeriahkan malam inagurasi puncak penutupan Kirab Satu Negeri (KSN) Gerakan Pemuda (GP) Ansor 2018 di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Pandanaran Candi Dukuh, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (26/10/2018) malam.

Sekretaris panitia KSN, Chaerul Anwar mengatakan malam inagurasi sebagai akhir rangkaian KSN yang sudah berlangsung 41 hari. KSN diawali dari lima titik terluar, yaitu Sabang, Merauke, Miangas, Pulau Rote, dan Nunukan. Dalam KSN ini para peserta membawa bendera Merah Putih dan disatukan di Yogyakarta.

"Apel penyatuan penerimaan bendera Merah Putih sudah dilaksanakan di Ponpes Kraprak Yogyakarta, Jumat sore," kata Chaerul di sela-sela acara tersebut.

Chaerul Anwar menjelaskan, malam inagurasI KSN diisi dengan pembacaan Seruan Nusantara, yaitu seruan pemuda Indonesia atas komitmen kebangsaan dalam mempertahankan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Seruan Nusantara dipimpin langsung Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

"Selain itu malam inagurasi juga akan diisi berbagai kesenian, di antaranya tarian kolosal, orkestra dan musik," katanya.

Malam inagurasi diawali dengan pembacaan kalam ilahi, lagu Indonesia Raya dilanjutkan menyanyikan lagu-lagu religi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4845 seconds (0.1#10.140)