Kirab Satu Negeri di Semarang Disambut Penuh Apresiasi

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 21:30 WIB
Kirab Satu Negeri di Semarang Disambut Penuh Apresiasi
Kirab Satu Negeri di Semarang Disambut Penuh Apresiasi
A A A
SEMARANG - Kirab Satu Negeri (KSN) memasuki Kota Semarang, Jawa Tengah dengan sambutan penuh apresiasi. Apresiasi datang dari Kepala Kesbangpol Kota Semarang, Isdiyanto. Dia mengapresiasi langkah maju Gerakan Pemuda Ansor yang menggebrak gerakan nasionalis. KSN dinilai membantu pemerintah dalam tugasnya memupuk nasionalisme bangsa Indonesia.

"Sebagai wakil dari pemerintah kota (Semarang) tentunya saya berterima kasih atas kegiatan kirab ini," kata Isdiyanto seusai apel serah terima Pataka di Balai Kota Semarang, Sabtu (20/10/2018). "Adanya kirab ini membantu Pemkot Semarang untuk menggugah kembali rasa persatuan dan kesatuan warga," imbuhnya,

Isdiyanto mengatakan bahwa persatuan dan kesatuan tidak bisa muncul sendiri tiba-tiba tanpa ada yang memicu. Karena itu, dia menilai Ansor telah membantu pemerintah dalam memprakarsai usaha mempererat kembali semangat persatuan.

"Ke depan saya harap bisa muncul ide-ide semacam ini dari organisasi lain. Ini artinya usaha Ansor dalam menumbuhkan persatuan dan nasionalisme berhasil. Sebab lontaran ide mendapatkan tanggapan dari ormas yang lain," ujarnya.

Ketua GP Ansor Kota Semarang Syaiful Bahri mengapresiasi lancarnya kegiatan KSN di Kota Lumpia. Diakui usaha para kader Ansor Semarang dalam mensukseskan kegiatan tersebut di sela persiapan Hari Santri Nasional tidaklah mudah.

"Atas nama pribadi maupun organisasi, saya ucapkan terima kasih pada para kader yang ada di Semarang. Kegiatan demi kegiatan telah dijalani dengan serius, persiapan yang sungguh-sungguh sehingga KSN di Semarang ini berjalan dengan lancar. Semuanya persiapan dilaksanakan dengan luar biasa, seolah tanpa kenal lelah dan waktu," katanya.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser), M Noor Faiz memantau dan mendampingi langsung persiapan Satkoryon Genuk dalam mempersiapkan pasukan pembawa pataka. "Sengaja kita plot dalam satu rayon agar mudah dikoordinasikan waktu dan hasil latihannya," ucapnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang, Anashom. "Aktivitas Ansor-Banser ini memang luar biasa. Selain itu, adanya KSN ini juga bukti bahwa Ansor-Banser sebagai pemersatu bangsa," ujarnya.

Apel dihadiri oleh jajaran PCNU, GP Ansor Kota Semarang, GP Ansor Jawa tengah dan diikuti oleh berbagai organisasi kepemudaan di Kota Semarang. Di antaranya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Sapma PP, FKPPI, PMII dan beberapa Badan Otonom NU.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)